BERITA

Temuan Seru dari Riset Kementerian Parekraf dan tiket.com: Kunci Penting bagi Pelaku UMKM dan Pariwisata

40
×

Temuan Seru dari Riset Kementerian Parekraf dan tiket.com: Kunci Penting bagi Pelaku UMKM dan Pariwisata

Sebarkan artikel ini
Penting untuk Pelaku UMKM dan Pariwisata, ini Temuan Menarik Riset Kementerian Parekraf dan tiket.com
Penting untuk Pelaku UMKM dan Pariwisata, ini Temuan Menarik Riset Kementerian Parekraf dan tiket.com

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Platform perjalanan daring tiket.com bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) telah menggagas kolaborasi yang menghasilkan pemahaman mendalam mengenai tren dan tantangan industri pariwisata Indonesia dalam lima tahun mendatang.

Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa, menjelaskan bahwa kolaborasi ini bertujuan membantu merinci peta jalan kebijakan dan strategi membangun pariwisata nasional, dengan fokus pada digitalisasi dan pariwisata berkelanjutan.

Pada webinar nasional berjudul “Tourism Industry Roadmap in 2024-2029; Challenges and Potential of Sustainable Tourism,”

Gaery Undarsa mengungkapkan hasil riset yang mencerminkan perkembangan signifikan dalam perilaku wisatawan dan tren pariwisata di Indonesia.

Berdasarkan data riset antara tiket.com dan Pusat Data dan Inovasi Kementerian Parekraf RI (Pusdatin Kemenparekraf RI), beberapa temuan menarik dapat diungkap:

  1. Peningkatan Signifikan Moda Transportasi: Pesawat mengalami peningkatan lebih dari 70%, sementara kereta api mengalami kenaikan lebih dari 20% dibandingkan dengan tahun 2021, menunjukkan pemulihan signifikan setelah pandemi Covid-19.
  2. Pemesanan Akomodasi (Hotel): Pemesanan hotel meningkat sebanyak 172%, didorong oleh tarif harga kamar yang lebih rendah sejak tahun 2021. Pola perjalanan berkelompok juga meningkat dibandingkan dengan perjalanan individual.
  3. Quality Tourism: Terjadi peningkatan durasi tinggal wisatawan di destinasi tertentu, seperti Papua, Bali, Aceh, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, yang menciptakan perputaran ekonomi lebih tinggi.
  4. Wisatawan Mancanegara: Terjadi peningkatan kunjungan sebesar 6,7%, dengan wisatawan asal Eropa, Amerika, Asia Timur Tengah, dan Pasifik memiliki durasi tinggal lebih lama.
  5. Koneksi Penerbangan: Meskipun terjadi peningkatan kunjungan wisatawan, ditemukan bahwa koneksi penerbangan langsung ke Indonesia masih terbatas, mempengaruhi durasi tinggal di negara ini.

Dalam menyikapi temuan ini, Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Addin Maulana, menyarankan peningkatan penerbangan langsung ke Indonesia untuk memperpendek waktu perjalanan, memudahkan wisatawan mancanegara berkunjung, dan mendukung pertumbuhan sektor pariwisata.

Direktur Eksekutif INDEF, Tauhid Ahmad, menambahkan bahwa tren pariwisata 2024 akan fokus pada perjalanan wisata yang panjang namun berkualitas, dengan peningkatan minat pada destinasi domestik yang menawarkan konsep alam dan wisata hijau.

Terkait proyeksi pertumbuhan ekonomi 2024, Direktur Industri, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Kementerian PPN/Bappenas, Wahyu Wijayanto, menekankan fokus pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk segmen-segmen seperti tour and travel, transportasi, akomodasi, dan hiburan.

Dalam pandangan ke depan, tiket.com dan Kemenparekraf RI optimis terhadap proyeksi pertumbuhan industri pariwisata di 2024, dengan harapan data dan tren yang diungkapkan dapat menjadi panduan strategis untuk mengantisipasi perubahan pola konsumen dan memperkuat potensi pertumbuhan pariwisata Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengakhiri dengan mengapresiasi kolaborasi ini dan menyampaikan harapannya agar kerjasama semacam ini dapat terus berlanjut di masa mendatang.