BERITA

Tantangan PAUD: Bunda Riana Sari Arinal Pimpin Rakerwil I Himpaudi Lampung

26
×

Tantangan PAUD: Bunda Riana Sari Arinal Pimpin Rakerwil I Himpaudi Lampung

Sebarkan artikel ini
Bunda PAUD Riana Sari Arinal Buka Rakerwil I Himpaudi Lampung
Bunda PAUD Riana Sari Arinal Buka Rakerwil I Himpaudi Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, dengan penuh semangat membuka Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Lampung untuk periode 2023-2027.

Acara tersebut digelar di Aula Wira Garden, Bandar Lampung, pada Jumat (8/9/2023).

Rakerwil ini menjadi momen penting dalam memajukan PAUD di Provinsi Lampung.

Riana Sari Arinal mengungkapkan harapannya bahwa Rakerwil ini akan melahirkan ide-ide segar yang mampu memberikan kontribusi positif dalam perkembangan PAUD menuju Layanan PAUD Berkualitas di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, Riana menekankan pentingnya evaluasi dan perbaikan terus-menerus terhadap program-program Himpaudi.

Menurutnya, hanya dengan pemantapan dan inovasi yang berkelanjutan, PAUD dapat berperan aktif dalam mempersiapkan generasi masa depan yang unggul.

Riana Sari Arinal juga memahami bahwa masa depan bangsa sangat bergantung pada kualitas generasi sekarang dan yang akan datang.

Oleh karena itu, ia melihat PAUD sebagai wahana krusial untuk mengoptimalkan perkembangan anak-anak sehingga mereka menjadi modal utama dalam pembangunan bangsa yang memiliki daya saing tinggi.

“Kita tidak mungkin bersaing di kancah global jika generasi penerus kita tidak produktif dan berkualitas,” tegas Riana.

Pada kesempatan ini, Bunda PAUD Provinsi Lampung juga memberikan apresiasi terhadap Gerakan Transisi PAUD-SD yang digulirkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Merdeka Belajar Episode ke-24.

Baca Juga:  Unila Meraih Peringkat Tertinggi dalam Laporan Keuangan UAPPA-W 2022 di Kanwil DJPb Lampung

Riana mengungkapkan pentingnya membangun kemampuan literasi dan numerasi anak-anak sejak usia PAUD dengan pendekatan yang menyenangkan, sehingga anak-anak siap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

“Dengan melibatkan semua pihak, setiap anak dapat dengan mudah bertransisi dari PAUD ke Pendidikan Dasar,” ujarnya.

Terkait dengan peserta didik SD yang tidak pernah mengikuti PAUD, Riana Sari Arinal menegaskan bahwa mereka tetap memiliki hak untuk mendapatkan pembinaan fondasi yang kuat.

Hal ini akan memberikan mereka pijakan yang solid untuk memulai perjalanan pendidikan mereka dengan baik.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Fitrianita Damhuri, yang turut menyampaikan dukungannya terhadap upaya-upaya peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di wilayah ini.

Dengan semangat dan komitmen yang kuat dari Bunda PAUD Provinsi Lampung dan seluruh pihak terkait, diharapkan Rakerwil I Himpaudi Lampung periode 2023-2027 akan menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kualitas PAUD di Lampung, serta mempersiapkan generasi muda yang unggul dan berkualitas untuk masa depan bangsa yang lebih cerah.