BERITA

Talud Sungai Way Kandis: Pembangunan Perum Glora Persada Rajabasa Raya Menyongsong Rampung Sebelum Bulan Puasa

38
×

Talud Sungai Way Kandis: Pembangunan Perum Glora Persada Rajabasa Raya Menyongsong Rampung Sebelum Bulan Puasa

Sebarkan artikel ini
Pembangunan Talud Sungai Way Kandis Perum Glora Persada Rajabasa Raya Dikebut Rampung Sebelum Puasa
Pembangunan Talud Sungai Way Kandis Perum Glora Persada Rajabasa Raya Dikebut Rampung Sebelum Puasa

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pembangunan talud Sungai Way Kandis di Perumahan Glora Persada, Kelurahan Rajabasa Raya, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung sedang dipercepat agar bisa selesai sebelum masuknya bulan Ramadan.

Talud ini mengalami kerusakan pada Sabtu (24/2/2024), menyebabkan ratusan rumah di Perumahan Glora Persada terendam banjir.

Irwan Supandi, Lurah Rajabasa Raya, menyatakan bahwa Pemerintah Kota Bandar Lampung telah menambah jumlah pekerja untuk mempercepat perbaikan talud.

“Perbaikan talud yang jebol tak hanya di sini. Ada beberapa pekerjaan yang bersamaan,” kata Irwan Supandi bersama Kepala Lingkungan II Rajabasa Raya, Suyanto Saputro, di lokasi perbaikan talud pada Sabtu (9/3/2024).

Perbaikan tanggul dimulai seminggu setelah banjir terbesar dalam 10 tahun terakhir melanda daerah tersebut.

Irwan mengungkapkan bahwa target awal perbaikan talud adalah sepanjang 8 meter dari total 30 meter yang rusak.

“Prioritasnya memang talud yang jebol dekat jembatan rel kereta api, karena ini titik paling krusial untuk menahan banjir agar luapan air tidak masuk ke Perumahan Glora Persada. Setelah itu, perbaikan akan dilanjutkan ke seluruh talud yang rusak,” ujar Irwan.

Perbaikan juga melibatkan pemadatan talud di sekitar jembatan karena aliran sungai di titik tersebut sangat deras.

Selain itu, pondasi diperkuat dengan pemasangan rangka besi agar talud lebih kokoh menahan tekanan aliran sungai. “Harapannya adalah agar tidak terjadi lagi kebocoran,” tambah Irwan Supandi.

Irwan menambahkan bahwa setelah pembangunan talud selesai, Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, yang bertanggung jawab atas pemeliharaan Sungai Way Kandis, akan melakukan pendalaman dan pengerukan sungai.

Diharapkan dengan demikian, Sungai Way Kandis dapat menampung lebih banyak debit air dan mengurangi risiko banjir.

Sementara itu, Suyanto Saputro, Kepala Lingkungan, mengungkapkan bahwa sejak talud jebol, warga sekitar selalu was-was setiap kali hujan deras.

Banjir kembali terjadi pada Kamis (7/3/2024), meskipun tidak sebesar banjir pada 24 Februari 2024.

“Warga berharap agar dapat menjalankan ibadah dengan tenang selama bulan Ramadan tanpa harus khawatir akan banjir. Semoga dengan pembangunan tahap awal talud ini, risiko banjir di Perumahan Glora Persada dapat diminimalkan,” ungkap Suyanto Saputro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *