BERITA

Survei LSI Denny JA Menunjukkan Partai Gerindra Mendahului PDIP dalam Elektabilitas Jelang Pemilu 2024

232
×

Survei LSI Denny JA Menunjukkan Partai Gerindra Mendahului PDIP dalam Elektabilitas Jelang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Jelang Pemilu 2024, Survei LSI Denny JA Elektabilitas Partai Gerindra Ungguli PDIP
Jelang Pemilu 2024, Survei LSI Denny JA Elektabilitas Partai Gerindra Ungguli PDIP

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA telah mengeluarkan hasil survei terbarunya yang menyoroti elektabilitas Partai Gerindra yang melampaui PDI Perjuangan (PDIP) menjelang hari pemilihan suara Pemilu 2024 pada Rabu, 14 Februari 2024.

Menurut Direktur Sigi LSI Denny JA, Ardian Sopa, elektabilitas Partai Gerindra mengalami peningkatan yang signifikan pada bulan Februari 2024, mencapai 22%. Sedangkan PDI Perjuangan berada di posisi kedua dengan 18.2%.

Ardian menjelaskan bahwa survei tersebut mengkategorikan partai menjadi empat kategori. Pertama, partai premium dengan elektabilitas di atas 10%, yang dimiliki oleh Gerindra dengan rentang 19.8-25.6% dan PDIP dengan 16.0-21.8%.

Kemudian, ada partai yang dukungannya saat ini di atas 4%, yang dipimpin oleh Partai Gerindra dengan 22.7%, diikuti oleh PDIP dengan 18.9%, dan partai lainnya.

Baca Juga:  Tragedi di Balik Demokrasi: Lima Petugas Pemilu Lampung Meninggal Setelah Jalani Perawatan Kesehatan

Lebih lanjut, Ardian menyebutkan bahwa partai-partai yang berpotensi lolos parliamentary threshold adalah PSI dengan 5.1% dan Partai Perindo dengan 4.9%.

Namun, masih ada tujuh partai lain yang masih berada di bawah 4%, seperti Partai Gelora, Partai Hanura, Partai Umat, Partai Garuda, PBB, Partai Buruh, dan PKN.

Survei LSI Denny JA dilakukan dengan mewawancarai 1.200 responden secara tatap muka. Metode sampling yang digunakan adalah multi-stage random sampling, dengan margin of error sebesar +/- 2.9%, dari tanggal 26 Januari hingga 6 Februari 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *