BERITA

Sukses Meraih Partisipasi Ratusan Peserta, UKM Kopma Unila Gelar Jambore Koperasi Nasional dengan Gemilang

170
×

Sukses Meraih Partisipasi Ratusan Peserta, UKM Kopma Unila Gelar Jambore Koperasi Nasional dengan Gemilang

Sebarkan artikel ini
Diikuti Ratusan Peserta, UKM Kopma Unila Sukses Gelar Jambore Koperasi Nasional
Diikuti Ratusan Peserta, UKM Kopma Unila Sukses Gelar Jambore Koperasi Nasional

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Lampung (Unila) telah sukses menyelenggarakan acara Jambore Koperasi Nasional (Jamkopnas) yang berlangsung di Gedung Balai Pusiban Kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung pada hari Senin (7/8/2023).

Jamkopnas merupakan sebuah even rutin yang diadakan melalui kolaborasi antara Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI) Pusat dan Koperasi Mahasiswa (Kopma) Unila sebagai tuan rumah.

Keberhasilan Unila sebagai juara umum pada ajang Jamkopnas tahun 2022 di Institut Stiami Jakarta memberikan kesempatan kepada Unila untuk menjadi tuan rumah Jamkopnas pada tahun 2023.

Acara yang mengusung tema “Empowering Youth Cooperative for a Better Future” ini berhasil menarik perhatian dengan kehadiran berbagai tokoh penting dan peserta dari berbagai penjuru Indonesia.

Dalam acara ini, hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasidwaan dan Alumni Unila, Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lampung, Ketua Umum Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia, Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, serta 129 peserta yang tergabung dalam 43 tim dari 36 universitas di seluruh Indonesia.

Dr. Anna Gustina Zainal, Wakil Rektor Bidang Kemahasidwaan dan Alumni Unila, menyampaikan apresiasi kepada UKM Kopma Unila atas keberhasilan mereka dalam menyelenggarakan acara bergengsi ini.

Ia mengungkapkan kebanggaannya karena Kopma Unila dipercaya sebagai tuan rumah Jamkopnas tahun ini dan berterima kasih atas kontribusi mereka dalam mempromosikan nama baik Universitas Lampung.

Ir. Zainal Abidin, M.T., yang mewakili Gubernur Lampung, menyoroti pentingnya inovasi dalam sektor bisnis koperasi di era teknologi dan informasi.

Ia juga menekankan perlunya meningkatkan literasi perkoperasian serta menginspirasi generasi muda untuk berpartisipasi dalam dunia koperasi.

Acara seperti Jamkopnas dianggap sangat relevan dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi kepada generasi muda.

Syahril Fajri Pratama, Ketua Umum Kopma Unila, menjelaskan bahwa Jamkopnas berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 7 hingga 9 Agustus 2023.

Acara ini mencakup enam cabang perlombaan yang menarik, seperti Modern Business Plan, Kopma Impact Short Film, Dynamic Essay Competition, Rapid Precision Contest, Intense Debate Challenge, dan lomba Shining Youth.

Selain kompetisi, Jamkopnas juga mengadakan seminar nasional dengan judul “Peran Koperasi dan UMKM dalam Mewujudkan Ekonomi Hijau Melalui Inovasi dan Kolaborasi Menuju Bisnis Berkelanjutan.”

Seminar ini menampilkan enam narasumber berkompeten, termasuk pemilik Kripik Shinta, perwakilan dari Pasar Modal BEI, Ketua Umum Koperasi Tani Hijau Makmur, Deputi bidang Perkoperasian Koperasi dan UKM RI, Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lampung.

Dengan Jamkopnas ini, UKM Kopma Unila berhasil memberikan kontribusi penting dalam mempromosikan nilai-nilai koperasi kepada generasi muda, mendorong inovasi dalam bisnis koperasi, dan mempererat kerjasama antaruniversitas dalam mencapai tujuan yang lebih baik di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *