BERITA

Sosialisasi Student Mobility: Kolaborasi Mahasiswa Asing dengan IIB Darmajaya

78
×

Sosialisasi Student Mobility: Kolaborasi Mahasiswa Asing dengan IIB Darmajaya

Sebarkan artikel ini
IIB Darmajaya Gelar Sosialisasi Student Mobility bersama Mahasiswa Asing
IIB Darmajaya Gelar Sosialisasi Student Mobility bersama Mahasiswa Asing

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) International Office di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar acara Sosialisasi Student Mobility pada Senin, 1 April 2024, di Warung Prancis Gedung Hj. Yoenidar Karim.

Acara yang bertemakan “Unlock The World & Take Your TOEFL Free” tersebut merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan wawasan tentang peluang kuliah di luar negeri serta menghadirkan pengalaman berharga dari narasumber terkait.

Rahmalia Syahputri, Kepala UPT International Office, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara tersebut adalah bagian dari upaya International Office untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa IIB Darmajaya untuk merasakan pengalaman kuliah di luar negeri dengan perguruan tinggi mitra.

Diharapkan, melalui sosialisasi ini, mahasiswa dapat lebih memahami manfaat dari program student mobility.

Berbagai perguruan tinggi mitra luar negeri menjadi tujuan student mobility tahun ini, antara lain Universitas Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), Nantong Vocational University (NTVU) di Tiongkok, Rangsit University, dan King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang di Thailand, serta Russian State Social University (RSSU).

Syahputri juga menekankan bahwa melalui pengalaman ini, mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan baru, tetapi juga dapat meningkatkan jumlah SKS yang diakui selama masa studi di perguruan tinggi mitra.

Untuk memfasilitasi program student mobility, UPT International Office juga menyelenggarakan tes TOEFL secara serentak dan bebas biaya administrasi.

Mahasiswa yang terpilih akan mendapatkan beasiswa kursus intensif Bahasa Inggris, khususnya dalam academic writing, presentasi, speaking, dan note taking.

Syahputri juga memberikan jaminan kepada orang tua mahasiswa terkait fasilitas tempat tinggal di perguruan tinggi tujuan di luar negeri, yang disediakan dalam bentuk asrama yang aman dan layak.

Selain itu, terdapat banyak beasiswa yang mendukung mahasiswa dalam kuliah di luar negeri.

Hasheem Ibrahim Mandour, Mahasiswa International Degree Scholarship asal Mesir, berbagi pengalamannya tentang belajar di Indonesia.

Ia mengungkapkan bahwa selama kuliah di IIB Darmajaya, ia telah belajar banyak hal, termasuk bahasa, budaya, dan adaptasi dalam lingkungan yang berbeda.

Sementara itu, Hyun Thi Khanh Ngan dari Vietnam menjelaskan alasan memilih untuk berkuliah di luar negeri, khususnya di Indonesia.

Baginya, pengalaman ini memberikan wawasan yang luas dan membuka peluang untuk memperluas portofolio pribadi.

Sherli Trisnawati, seorang alumni student mobility, berbagi pengalaman tentang perjalanan kuliah di luar negeri.

Baginya, kesempatan untuk belajar di luar negeri adalah suatu hal yang langka dan harus dimanfaatkan.

Ia mendorong mahasiswa lain untuk tidak takut mengambil peluang ini meskipun masih belum lancar dalam berbahasa asing, karena tekad dan keinginan yang kuat akan memudahkan segalanya.

Acara Sosialisasi Student Mobility ini tidak hanya memberikan informasi tentang peluang kuliah di luar negeri, tetapi juga memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa untuk meraih pengalaman internasional yang berharga.

Semoga melalui program ini, mahasiswa dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan akademik dan profesional di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *