BERITA

Solidaritas Tanggap Bencana: Bupati Nanang Segera Respon, Berikan Bantuan dan Bantu Rekonstruksi Rumah Warga Sidomulyo yang Roboh Akibat Angin Dahsyat

160
×

Solidaritas Tanggap Bencana: Bupati Nanang Segera Respon, Berikan Bantuan dan Bantu Rekonstruksi Rumah Warga Sidomulyo yang Roboh Akibat Angin Dahsyat

Sebarkan artikel ini
Rumah Warga Sidomulyo Roboh Diterjang Angin Hingga Ada Korban, Bupati Nanang Sigap Bantu Bedah Rumah
Rumah Warga Sidomulyo Roboh Diterjang Angin Hingga Ada Korban, Bupati Nanang Sigap Bantu Bedah Rumah

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Bertindak cepat dalam mengatasi permasalahan rumah tidak layak huni di wilayahnya, Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, kembali menunjukkan komitmennya dengan memberikan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada Martingah, warga Dusun V Kampung Baru, Desa Budidaya, Kecamatan Sidomulyo.

Kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (13/1/2023) dinihari, ketika angin kencang merobohkan rumah Martingah.

Bantuan senilai Rp20 juta ini disalurkan melalui Gerakan Seribu Rupiah (Geserbu), sebuah program yang digagas oleh Bupati Nanang Ermanto untuk membantu warga yang mengalami musibah kehilangan rumah atau rumah tidak layak huni.

Dana tersebut tidak hanya digunakan untuk bedah rumah, tetapi juga mencakup bantuan sembako dan peralatan rumah tangga.

Menanggapi bantuan tersebut, Nanang Ermanto menjelaskan, “Geserbu merupakan wujud kepedulian kita terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam kondisi darurat. Program ini diharapkan dapat memberikan dukungan nyata kepada mereka yang terkena dampak musibah.”

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Lampung Selatan, Dulkahar, mengungkapkan bahwa masih terdapat sekitar 8.700 rumah tak layak huni di Lampung Selatan yang perlu diperbaiki.

Pemerintah daerah telah berhasil menyelesaikan 1.072 unit rumah tak layak huni menjadi layak huni selama tahun 2023.

Dulkahar menambahkan, “Meskipun kami telah berusaha keras, tetapi masih butuh waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan seluruh permasalahan rumah tidak layak huni di wilayah ini. Oleh karena itu, kami menggandeng program swasembada rumahku, Geserbu, dan berkolaborasi dengan CSR untuk mempercepat penyelesaian.”

Kepala Desa Budidaya, Aan Kurniawan, menjelaskan kronologi kejadian rumah roboh yang menelan korban.

Seorang nenek dan cucunya yang menyandang disabilitas saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Urip Sumoharjo, Bandar Lampung, setelah mengalami luka-luka.

Pada kesempatan itu, Aan Kurniawan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bupati Lampung Selatan dan seluruh jajaran Pemkab yang turut membantu warganya yang terkena musibah.

“Bantuan ini sangat berarti bagi warga kami yang membutuhkan perlindungan dan dukungan di saat-saat sulit seperti ini,” ucapnya dengan penuh apresiasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *