BERITA

SMK Telkom Lampung Menggelar Pengabdian Universitas Teknokrat Indonesia: Siswa Ditingkatkan Kemampuan Web untuk Pengembangan Optimal

84
×

SMK Telkom Lampung Menggelar Pengabdian Universitas Teknokrat Indonesia: Siswa Ditingkatkan Kemampuan Web untuk Pengembangan Optimal

Sebarkan artikel ini
SMK Telkom Lampung Menggelar Pengabdian Universitas Teknokrat Indonesia Siswa Ditingkatkan Kemampuan Web untuk Pengembangan Optimal
SMK Telkom Lampung Menggelar Pengabdian Universitas Teknokrat Indonesia Siswa Ditingkatkan Kemampuan Web untuk Pengembangan Optimal

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Digitalisasi menjadi prioritas utama dalam kebutuhan dunia industri saat ini.

Teknologi digitalisasi dianggap sangat membantu dalam segala jenis pekerjaan dan di berbagai bidang.

Salah satu teknologi yang telah banyak digunakan oleh masyarakat dari segala kalangan dan industri adalah pemrograman web.

Tidak hanya di pendidikan tinggi, tetapi tingkat SMA/SMK juga semakin berlomba-lomba untuk mempelajari ilmu tentang web ini karena manfaatnya yang abadi dan masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas.

SMK Telkom Lampung, yang merupakan bagian dari Yayasan Pendidikan Telkom dan satu-satunya di provinsi ini, memiliki empat jurusan, yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (Web Development dan Mobile Development), Teknik Komputer dan Jaringan (Jaringan Kabel & Nirkabel dan Administrasi Server), Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi (Jaringan Fiber Optic dan Jaringan Nirkabel), dan Animasi (Videografi dan Animasi 2D).

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia melibatkan SMK Telkom Lampung.

Tim dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terdiri dari Debby Alita, S.Kom., M.Cs., Slamet Samsugi, S.Kom., M.Eng., Riska Amalia Praptiwi, M.Cs., Permata, S.Si., M.Si., serta melibatkan mahasiswa aktif seperti Rico Fajar Pratama, Dinda, dan Riski Daffa.

Kegiatan PKM di sekolah ini dihadiri oleh guru dan siswa SMK Telkom Lampung dengan tema “Pelatihan Web menggunakan Laravel di SMK Telkom Lampung” yang dilaksanakan pada Jumat, 24 Februari 2023.

Pelatihan ini mencakup pelatihan personal branding menggunakan Laravel bagi siswa-siswi SMK Telkom Lampung oleh Riska Amalia Praptiwi, M.Cs. dan Debby Alita, S.Kom., M.Cs. yang didampingi oleh mahasiswa-mahasiswi Universitas Teknokrat Indonesia.

Peserta pelatihan ini adalah siswa-siswi kelas 12 SMK Telkom Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 30 siswa-siswi.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan siswa tentang teknologi terbaru dan memotivasi mereka untuk mengembangkan ilmu di bidang teknologi.

Siswa-siswi sangat antusias mendapatkan ilmu baru mengenai pengembangan website menggunakan framework Laravel.

Mereka merasa senang dengan kehadiran tim dosen dan mahasiswa dari Universitas Teknokrat Indonesia karena telah memberikan wawasan baru dalam pengembangan web.

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak memiliki fokus pada Web Development, di mana siswa akan belajar dan dituntut untuk bisa membuat aplikasi berbasis web dengan teknologi pemrograman sesuai standar industri.

Mereka akan menggunakan Node JS/Laravel untuk backend dan React JS/Vue JS untuk frontend.

Sekolah menyampaikan bahwa saat ini mereka baru mengajarkan penggunaan Node JS, sehingga mereka meminta tim PKM untuk berbagi pengetahuan mengenai pengembangan aplikasi web menggunakan Laravel.

Laravel sendiri adalah framework yang membantu pengembang web dalam memaksimalkan penggunaan PHP dalam proses pengembangan website.

Sebagaimana diketahui, PHP merupakan bahasa pemrograman yang cukup dinamis. Dengan kehadiran Laravel, PHP menjadi lebih powerful, cepat, aman, dan sederhana.

Laravel juga menawarkan kesederhanaan dalam penulisan kode dan dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis website, seperti blog, dengan mudah.

Dalam program web ini, siswa diperkenalkan dengan framework Laravel.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., menyambut baik kegiatan ini dan berharap pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengoptimalkan pengembangan web.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *