BERITA

Sigapnya Pemkab Pesawaran dalam Tangani Bencana Banjir dengan Bantuan Cepat

71
×

Sigapnya Pemkab Pesawaran dalam Tangani Bencana Banjir dengan Bantuan Cepat

Sebarkan artikel ini
Tanggap Bencana Banjir, Pemkab Pesawaran Sigap Beri Bantuan
Tanggap Bencana Banjir, Pemkab Pesawaran Sigap Beri Bantuan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pesawaran dari tengah malam hingga pagi tadi menyebabkan banjir di sebagian besar wilayah yang berada di dekat aliran sungai, pada Jumat (12/4/2024) dini hari.

Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, segera mengambil langkah responsif dengan memerintahkan jajarannya untuk meninjau lokasi dan memberikan bantuan kepada warga terdampak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran, di bawah kepemimpinan Bupati Dendi, langsung bergerak memberikan bantuan bahan pangan kepada masyarakat korban banjir.

Kepala BPBD Kabupaten Pesawaran, Sopya A. Gani, menjelaskan bahwa banjir ini disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung cukup lama, menyebabkan debit air sungai meningkat drastis hingga meluap.

“Hujan deras pada hari Jumat, 12 April 2024, mulai Pukul 02.00 WIB sampai Pukul 04.00 WIB mengakibatkan meluapnya sungai Way Padang Ratu di Kecamatan Kedondong, Way Lima di Kecamatan Way Lima, dan Way Ngison di Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran,” ungkapnya.

Beberapa kecamatan terdampak banjir, seperti di Kecamatan Gedong Tataan yang dilaporkan tujuh unit rumah tergenang air setinggi 50cm di Dusun 3 Desa Bagelen.

Di Kecamatan Way Khilau, banjir merendam Desa Kubu Batu, Desa Tanjung Rejo, serta Desa Mada Jaya hingga masuk ke rumah warga.

Camat setempat telah meminta kepala desa untuk membuka pintu bendungan guna mengantisipasi meluapnya air banjir.

Di Kecamatan Way Lima, lima desa terdampak banjir akibat meluapnya sungai Way Padang Ratu dan Way Awi.

Meskipun kondisi debit air mulai berangsur surut, genangan masih memenuhi rumah warga di beberapa desa seperti Tanjung Agung, Gedung Dalom, Kuta Dalom, Baturaja, dan Sindang Garut.

Banjir juga melanda sejumlah rumah di Kecamatan Kedondong, seperti di Desa Teba Jawa, Desa Way Kepayang, dan Desa Gunung Sugih.

Akibatnya, beberapa warga mengalami kerugian materiil, termasuk kerusakan alat elektronik.

Meskipun demikian, warga setempat telah bergerak secara swadaya membersihkan rumah terdampak banjir setelah air surut.

Kondisi di lapangan dinilai kondusif, dan bantuan dari Pemkab Pesawaran melalui BPBD telah disampaikan kepada masyarakat melalui para camat.

Hal ini menunjukkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi bencana alam seperti banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *