BERITA

San Xiong Steel Indonesia: Dedikasi Terhadap Keselamatan Pekerja dengan Klinik dan Ambulans

38
×

San Xiong Steel Indonesia: Dedikasi Terhadap Keselamatan Pekerja dengan Klinik dan Ambulans

Sebarkan artikel ini
Punya Klinik dan Ambulans, PT San Xiong Steel Indonesia Komit Atas Keselamatan Pekerja
Punya Klinik dan Ambulans, PT San Xiong Steel Indonesia Komit Atas Keselamatan Pekerja

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Manajemen PT San Xiong Steel Indonesia menegaskan komitmennya terhadap keselamatan pekerja dengan menjalankan aturan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) secara ketat.

Sejak berdiri pada tahun 2011 di Jalan Lintas Sumatera, Tarahan, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, perusahaan peleburan logam ini telah berupaya menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Menurut Wakil Manajer PT San Xiong Steel Indonesia, Hendra, lebih dari 300 pekerja perusahaan ini wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) dalam aktivitas sehari-hari.

Sebagai bentuk komitmen, perusahaan secara rutin membagikan APD dua kali setahun kepada seluruh pekerja, membuktikan perhatian serius terhadap keamanan para karyawan.

Salah satu langkah nyata yang diambil oleh perusahaan adalah pendirian klinik kesehatan internal dan penyediaan satu unit ambulans.

Klinik tersebut dilengkapi dengan ruangan dan obat-obatan dasar, serta menjadi tempat pertolongan pertama bagi karyawan yang mengalami kecelakaan kerja.

Untuk mendukung kesehatan para pekerja, PT San Xiong Steel Indonesia juga rutin membagikan susu sekali sebulan.

Pentingnya penerapan standar keselamatan terlihat dari kebijakan pembagian baju dan sepatu safety dua kali setahun.

Semua peralatan yang digunakan oleh pekerja telah memiliki izin penggunaan dan diuji standarisasinya secara berkala, menjadikannya sesuai dengan norma keselamatan.

Kerja sama yang terjalin antara PT San Xiong Steel Indonesia dan Rumah Sakit Immanuel Bandar Lampung menunjukkan komitmen dalam memberikan perawatan lanjutan kepada karyawan. Kerja sama ini diakui secara resmi melalui perjanjian yang mengikat.

Hendra juga menanggapi kasus kecelakaan kerja yang melibatkan tiga pekerja pada akhir November 2023. Perusahaan mengakui tanggung jawab penuh atas perawatan ketiganya, bahkan memberikan pendampingan secara langsung.

Hendra menekankan pentingnya komunikasi antara manajemen, Serikat Pekerja, dan karyawan untuk menghindari kesalahpahaman.

Meskipun mengakui risiko kecelakaan kerja di industri peleburan logam, PT San Xiong Steel Indonesia terus mengingatkan para pekerja tentang pentingnya menggunakan APD.

Hendra menegaskan bahwa kecelakaan kerja yang terjadi seringkali disebabkan oleh kelalaian penggunaan alat pelindung diri, sebagaimana diakui secara tertulis oleh pekerja yang terlibat.

Dengan langkah-langkah konkret ini, PT San Xiong Steel Indonesia tidak hanya menunjukkan komitmennya terhadap keselamatan pekerja, tetapi juga berupaya menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kesejahteraan dan produktivitas para karyawan.