BERITA

RSUDAM Lampung Kembali Gelar Operasi Jantung Terbuka, Lanjutkan Upaya Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

20
×

RSUDAM Lampung Kembali Gelar Operasi Jantung Terbuka, Lanjutkan Upaya Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
RSUDAM Lampung Lakukan Kembali Operasi Jantung Terbuka
RSUDAM Lampung Lakukan Kembali Operasi Jantung Terbuka

Media90 – Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung akan kembali menggelar operasi jantung terbuka (Coronary Artery Bypass Graft/CABG) pada Jumat dan Sabtu, 9-10 Agustus 2024.

Operasi ini merupakan bagian dari periode ketiga dalam rangkaian operasi jantung terbuka yang dilakukan di RSUDAM. Pasien keempat dan kelima dijadwalkan untuk menjalani operasi dalam rangkaian ini.

Operasi pertama akan dilakukan pada Jumat, 9 Agustus 2024, terhadap seorang pasien laki-laki berinisial NSR, berusia 72 tahun, yang berasal dari Kabupaten Lampung Tengah.

Kemudian, pada Sabtu, 10 Agustus 2024, operasi akan dilakukan terhadap seorang pasien wanita berinisial FMP, berusia 66 tahun, yang berasal dari Bandar Lampung.

Baca Juga:  Tersulut Emosi, Pria di Gadingrejo Pringsewu Tikam Tetangga Hingga Tewas

Proses operasi ini merupakan bagian dari program pengampuan pelayanan jantung dengan sistem proctorship.

Dalam program ini, RSUDAM mendapat pendampingan dari Rumah Sakit Pusat Jantung Harapan Kita, Jakarta.

Direktur RSUDAM, Lukman Pura, menjelaskan bahwa program proctorship ini dirancang untuk memastikan adanya transfer pengetahuan dan keahlian dari RS Harapan Kita kepada tim medis RSUDAM.

Tujuan akhirnya adalah agar RSUDAM mampu melakukan operasi jantung terbuka secara mandiri setelah berhasil menangani 100 pasien.

“Saat ini, alhamdulillah, kami telah berhasil melakukan operasi jantung terbuka pada tiga pasien, dan kini ada tambahan dua pasien lagi yang akan segera dioperasi,” ujar Lukman.

Lebih lanjut, Lukman menambahkan bahwa pihaknya menargetkan untuk melakukan operasi jantung terbuka kepada empat pasien hingga akhir Agustus 2024.

Baca Juga:  Upacara Pelepasan Atlet Mahasiswa POMNAS XVIII di Samarinda oleh Wakil Rektor Teknokrat Indonesia

“Kami memohon doa dan restu dari masyarakat Lampung agar operasi ini berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Dengan adanya program proctorship ini, RSUDAM berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan jantung bagi masyarakat Lampung.

Harapannya, ke depan RSUDAM dapat secara mandiri melaksanakan operasi jantung terbuka tanpa perlu pendampingan dari rumah sakit lain, sehingga mampu memberikan layanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *