BERITA

Generasi Muda Lampung Bergairah Menyambut Gelombang Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di UBL

51
×

Generasi Muda Lampung Bergairah Menyambut Gelombang Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di UBL

Sebarkan artikel ini
Ribuan Milenial Lampung Antusias Ikuti Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di UBL
Ribuan Milenial Lampung Antusias Ikuti Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di UBL

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Universitas Bandar Lampung (UBL) telah menjadi tuan rumah dan Perguruan Tinggi Mitra Penggerak Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, sebuah kolaborasi yang melibatkan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Acara ini berlangsung pada Rabu (22/11) di Convention Hall Mahligai Agung UBL.

Roadshow Gerakan 1000 Startup Digital, dengan tema “Kolaborasi Pentahelix Dalam Memajukan Startup Digital di Lampung Dengan Dukungan Pendanaan dan Pendampingan Yang Berkelanjutan,” bertujuan untuk mendorong ekosistem startup digital Indonesia agar terhubung, berbagi pengetahuan, dan pengalaman.

Sebastian Alex D, Program Director Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan perdana di Lampung.

“Ini pertama kalinya di Lampung, kita ingin melihat seberapa antusias anak muda Lampung kalo ngomongin inovasi digital. Hari ini luar biasa, gedung ini penuh, menunjukkan antusiasme anak muda di Lampung terhadap dunia digital besar sekali,” ujar Alex.

Kementerian Kominfo, selain sebagai regulator, juga berperan sebagai fasilitator bagi generasi muda yang ingin berpartisipasi dalam transformasi digital.

Alex mengajak semua untuk menggunakan fasilitas yang telah disediakan untuk hal yang positif, termasuk menggali potensi dan membangun usaha inovasi digital yang berkelanjutan.

Rektor UBL, yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Hery Riyanto, menyatakan dukungan penuh UBL terhadap kegiatan ini karena sejalan dengan visi dan misi universitas.

UBL ingin mencetak lulusan yang memiliki jiwa wirausaha, dan keberadaan Pusat Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (PPIK) sebagai motor kegiatan inovasi dan kewirausahaan di UBL mendukung hal ini.

Hery menjelaskan, “Produk inovasi berbasis digital hasil kolaborasi mahasiswa, dosen, dan mitra lainnya juga sudah banyak dihasilkan seperti Kartu Petani Berjaya, Automatic Guided Vehicle (AGV), Aplikasi Sibangkodir untuk mengecek Bantuan Langsung Kemiskinan Secara Online dan Pemuktahiran Data Mandiri dan masih banyak lainnya. Kami berharap Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini bisa memberikan manfaat bagi anak muda Lampung.”

Acara ini diikuti oleh lebih dari 1.500 peserta dari SMA/SMK dan belasan universitas di Lampung serta masyarakat umum.

Diskusi panel melibatkan para ahli dengan tema seperti Perjalanan Startup Digital Dalam Meraih Pendanaan Venture Capital, di mana panelis berbagi pengalaman dan wawasan.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital tahun ini akan melibatkan beberapa kegiatan, termasuk seminar, roadshow lokal, dan HACK4ID.

Ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada peserta dalam memecahkan permasalahan industri dan membangun kolaborasi dengan pelaku industri dan sektor-sektor strategis di Indonesia.

Workshop dan materi dari aplikasi 1000 Startup memberikan dasar bagi tim startup untuk menghasilkan prototype produk dari ide solusi berbasis teknologi digital.

Tahap-tahap berikutnya melibatkan Hacksprint, Bootcamp, dan akhirnya, 40 startup terpilih akan diinkubasi melalui program bimbingan intensif bertajuk Hatch!

Program by Gerakan Nasional 1000 Startup Digital selama tiga bulan untuk mempercepat pertumbuhan produk dan traksi startup tersebut.

Dengan demikian, gerakan ini menjadi langkah besar menuju penguatan ekosistem startup digital di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *