BERITA

Ribuan Pemudik Sumatera Mulai Pulang Kampung Menuju Bakauheni Jelang H-5 Idulfitri 2024

64
×

Ribuan Pemudik Sumatera Mulai Pulang Kampung Menuju Bakauheni Jelang H-5 Idulfitri 2024

Sebarkan artikel ini
H+5 Arus Balik Idulfitri 2024, 158.935 Pemudik Tinggalkan Sumatera Lewat Pelabuhan Bakauheni
H+5 Arus Balik Idulfitri 2024, 158.935 Pemudik Tinggalkan Sumatera Lewat Pelabuhan Bakauheni

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Senin (15/4/2024) lalu, suasana di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan menjadi saksi kepadatan lalu lintas manusia dan kendaraan. Sebanyak 158.935 pemudik telah meninggalkan Pulau Sumatera, memulai perjalanan pulang kampung jelang perayaan Idulfitri 2024.

Data yang dirilis oleh PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bakauheni mencatat lonjakan signifikan ini, menyoroti pergerakan massal yang menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi lebaran di Indonesia.

Menurut Rudi Sunarko, General Manager ASDP Cabang Bakauheni, jumlah pemudik ini terekam mulai Senin pagi hingga Selasa dini hari.

“Jumlah tersebut terdiri dari 13.446 pemudik yang berjalan kaki dan 145.489 pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterbitkan pada Selasa (16/4/2024).

Sementara itu, kendaraan yang memadati pelabuhan ini terdiri dari berbagai jenis. “Ada 36.136 unit kendaraan yang menyeberang ke Pulau Jawa, terdiri dari sepeda motor dan kendaraan roda empat atau lebih,” tambah Rudi Sunarko.

Data yang dirilis juga memperinci jumlah pemudik sepeda motor yang memilih jalur laut sebagai jalur pulang kampung.

“Terhitung ada 14.802 unit sepeda motor yang telah menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni,” jelasnya.

Tak hanya itu, kendaraan roda empat juga turut meramaikan antrean. “Ada 19.371 unit kendaraan roda empat, 770 unit bus, dan 1.193 unit truk atau kendaraan besar lainnya,” papar Rudi Sunarko.

Lonjakan jumlah kendaraan ini menjadi tantangan tersendiri bagi petugas pelabuhan dalam memastikan kelancaran proses penyeberangan.

Kapasitas angkut kapal juga dikejar agar dapat menampung lonjakan pemudik ini. “Selama H+5 Lebaran, 35 kapal dioperasikan dengan total 129 trip, mengangkut pemudik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa,” terang Rudi Sunarko.

Dengan volume pemudik yang terus meningkat setiap tahunnya, ASDP Bakauheni terus berupaya meningkatkan pelayanan dan pengamanan bagi pemudik.

Meskipun tantangan besar terkadang menghadang, semangat bersama untuk menyambut kebahagiaan Idulfitri tetap menjadi prioritas utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *