BERITA

Revitalisasi Gerobak Sapi: Solusi Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Pedalaman Pesisir Barat

38
×

Revitalisasi Gerobak Sapi: Solusi Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Pedalaman Pesisir Barat

Sebarkan artikel ini
Jangkau Pedalaman, Gerobak Sapi Jadi Alat Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Pesisir Barat
Jangkau Pedalaman, Gerobak Sapi Jadi Alat Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Pesisir Barat

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Polres Pesisir Barat turut serta dalam membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Barat dalam pendistribusian logistik Pemilu 2024.

Dengan menggunakan gerobak sapi, mereka berhasil menjangkau empat daerah terpencil di wilayah Pesisir Barat sejak Minggu (11/2/2024).

Menurut Kapolres Pesisir Barat, AKBP Alsyahendra, kegiatan pengamanan dan pengawalan pendistribusian logistik Pemilu dari PPK Bengkunat menuju daerah terpencil di pekon pedalaman telah dilaksanakan.

“Kami menerjunkan 35 personil dibantu 15 personil Kodim 0422/LB untuk memastikan keamanan dan kelancaran pendistribusian logistik Pemilu tersebut,” ujar AKBP Alsyahendra dalam keterangannya pada Senin (12/2/2024).

Daerah terpencil yang berhasil dijangkau meliputi empat pekon di Kecamatan Bengkunat, yaitu Pekon Bandar Dalam, Pekon Way Haru, Pekon Way Tias, dan Pekon Siring Gading.

“Pendistribusian logistik di pekon-pekon terpencil menggunakan gerobak sapi, karena memang jalur yang dilalui tidak memungkinkan untuk menggunakan sarana lainnya,” tambah AKBP Alsyahendra.

Para petugas juga harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk menjangkau empat daerah tersebut. Meskipun demikian, mereka berkomitmen untuk mengawal proses Pemilu dengan aman dan damai.

Dari data yang dikumpulkan, terdapat 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di empat desa terisolasi di Kecamatan Bengkunat, dengan jumlah mata pilih sekitar 6.000 pemilih.

Pesisir Barat sendiri memiliki 489 TPS pada Pemilu 2024, sehingga KPU, kepolisian, dan pihak terkait berusaha keras untuk memastikan distribusi logistik dapat diselesaikan tepat waktu sebelum 14 Februari 2024, hari pelaksanaan Pemilu.