BERITA

Rektor Unila Tetapkan 11 Nama Guru Besar Bidang Keilmuan untuk Mencapai Target 10 Persen Kuota

151
×

Rektor Unila Tetapkan 11 Nama Guru Besar Bidang Keilmuan untuk Mencapai Target 10 Persen Kuota

Sebarkan artikel ini
Kejar Target 10 Persen Kuota, Rektor Unila Kukuhkan 11 Guru Besar Bidang Keilmuan, ini Nama-Namanya
Kejar Target 10 Persen Kuota, Rektor Unila Kukuhkan 11 Guru Besar Bidang Keilmuan, ini Nama-Namanya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia, D.E.A., I.P.M., mengukuhkan 11 guru besar di berbagai bidang keilmuan dalam sebuah upacara yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Unila pada Senin (7/8/2023).

Dengan penambahan 11 profesor ini, jumlah profesor di Unila kini mencapai 120 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unila, Prof. Lusmeilia Afriani, menyampaikan harapannya bahwa pengukuhan guru besar ini dapat menjadi motivasi bagi yang lain untuk berprestasi lebih baik dalam penelitian, pengabdian masyarakat, dan inovasi.

“Kami berharap, ini bisa menjadi motivasi dan mereka bisa menjadi motor penggerak dalam penelitian dan pengabdian, serta inovasi untuk memberikan yang terbaik lagi,” ujar Prof. Lusmeilia Afriani.

Dalam diskusi mengenai pencapaian kuota profesor sebesar 11 persen dari jumlah dosen, Rektor menyatakan bahwa saat ini Unila belum mencapainya, namun pihak universitas terus berusaha untuk mencapai target tersebut.

“Jadi total 120 lebih guru besar Unila, saat ini belum mencapai kuota. Ini terus kami kejar, nanti menyusul beberapa guru besar lain untuk dikukuhkan lagi, karena jumlah dosen Unila saat ini ada kurang lebih 1.200 orang, target 10 persen itu sebentar lagi tercapai,” tambah Prof. Lusmeilia Afriani.

Acara pengukuhan ini juga diisi dengan orasi ilmiah dari para profesor yang baru dikukuhkan.

Berikut adalah daftar nama dan bidang keilmuan dari para profesor beserta judul orasi ilmiahnya:

  1. Prof. Dr. Chansyanah Diawati, M.Si. (Bidang ilmu media pembelajaran Kimia) – “Real Life Problem Media Pengembangan Sumber Daya Manusia Berkualitas.”
  2. Prof. Dr. Een Yayah Haenilah, M.Pd. (Bidang ilmu pengembangan kurikulum) – “Pedagogi, Prospek, dan Tantangan.”
  3. Prof. Dr. Ir. Rusdi Evizal, M.S. (Bidang ilmu produksi tanaman perkebunan) – “Pertanian Regeneratif pada Perkebunan Kopi.”
  4. Prof. Dr. Hendri Busman, M.Si. (Bidang ilmu Zoologi) – “Ekspresi Protein Penentu Kehamilan Dini Setelah Diinduksi Minyak Atsiri Umbi Teki.”
  5. Prof. Dr. Sri Hasnawati, S.E., M.E. (Bidang ilmu manajemen keuangan) – “Green Finance Menuju Ekonomi Berkelanjutan: Solusi Mengurangi Perubahan Iklim.”
  6. Prof. Dr. Dra. Sowiyah, M.Pd. (Bidang ilmu manajemen mutu pendidikan) – “Manajemen Pendidikan Inklusif pada Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus.”
  7. Prof. Dr. Asmiati, S.Si., M.Si. (Bidang ilmu matematika) – “Pelangi di Teori Graf.”
  8. Prof. Dr. Dyah Indriana Kusumastuti, S.T., M.Sc. (Bidang ilmu teknik sipil) – “Peran Teknologi dalam Efisiensi Pengelolaan Infrastruktur Sumber Daya Air: Tantangan dan Strategi di Provinsi Lampung.”
  9. Prof. Ujang Suparman, M.P., Ph.D. (Bidang ilmu psikologi linguistik) – “Pengaruh Aspek Psikologis Terhadap Kemampuan Membaca.”
  10. Prof. Ir. Akhmad Dakhlan, M.P., Ph.D. (Bidang ilmu produksi ternak) – “Genomic Selection, Alternatif Peningkatan Produktivitas Ternak Masa Depan di Indonesia.”
  11. Prof. Ir. Netty Herawati, M.Sc., Ph.D. (Bidang ilmu statistika terapan) – “Mengatasi Data yang Tidak Memenuhi Asumsi Metode Statistik Parametrik.”

Pengukuhan 11 guru besar ini menjadi langkah maju bagi Universitas Lampung dalam meningkatkan kualitas penelitian dan pengajaran, serta memperkuat posisinya sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas.

Semoga kehadiran para profesor ini akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *