BERITA

Rekor Aktivitas Vulkanik: Gunung Anak Krakatau Mendominasi! 10 Gunung Api Indonesia yang Meletus Paling Sering hingga Desember 2023

239
×

Rekor Aktivitas Vulkanik: Gunung Anak Krakatau Mendominasi! 10 Gunung Api Indonesia yang Meletus Paling Sering hingga Desember 2023

Sebarkan artikel ini
Ini 10 Gunung Api di Indonesia dengan Letusan Terbanyak hingga Desember 2023, Gunung Anak Krakatau Terbanyak
Ini 10 Gunung Api di Indonesia dengan Letusan Terbanyak hingga Desember 2023, Gunung Anak Krakatau Terbanyak

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Hingga tanggal 25 Desember 2023, Indonesia mencatat sekitar sepuluh gunung api aktif yang terus menunjukkan aktivitas letusan sejak awal Januari 2023.

Informasi ini diperoleh melalui laman resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, @magma.esdm.go.id pada Sabtu (25/12/2023).

1. Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau, yang administratif berada di wilayah Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, mencatatkan rekor sebagai gunung yang paling sering meletus.

Dalam rentang waktu Januari hingga 25 Desember 2023, Gunung Anak Krakatau telah meletus sebanyak 139 kali.

Baca Juga:  Ini Dia Hasil Razia dan Tes Urin Napi dan Sipir di Rutan Kota Agung!

2. Gunung Ili Lewotolok

Gunung Ili Lewotolok, yang terletak di bagian utara Pulau Lembata, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menunjukkan aktivitas letusan sebanyak 111 kali sepanjang periode yang sama.

3. Gunung Ibu

Gunung Ibu, yang berlokasi di barat laut Pulau Halmahera, mencatatkan 61 letusan sejak awal Januari hingga 25 Desember 2023.

Gunung ini memiliki pusat kawah lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter.

4. Gunung Merapi

Gunung Merapi, yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatatkan 41 letusan sepanjang tahun 2023.

5. Gunung Semeru

Gunung Semeru, yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur, mencatatkan 41 letusan sejak Januari hingga 25 Desember 2023.

6. Gunung Dukono

Gunung Dukono, terletak sekitar 14 kilometer di sebelah barat daya Kota Tobelo, Halmahera Utara, mencatatkan 35 letusan hingga 25 Desember 2023.

Baca Juga:  Penyesuaian Tarif Perjalanan Mulai 1 Februari: Rincian Harga Tiket dan Tarif Kendaraan untuk Trayek Kapal Eksekutif Bakauheni-Merak

7. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci, terletak di Provinsi Jambi, mencatatkan 16 letusan dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang.

8. Gunung Dempo

Gunung Dempo, terletak di Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan, mengalami tiga letusan sejak awal tahun hingga 25 Desember 2023.

9. Gunung Lewotobi

Gunung Lewotobi, yang merupakan gunung berapi kembar di Pulau Flores, mencatatkan dua letusan hingga saat ini.

10. Gunung Karangetang

Gunung Karangetang, yang berada di Siau, Sulawesi Utara, mencatatkan dua letusan sejak awal Januari hingga 25 Desember 2023.

Dengan jumlah letusan yang mencengangkan, masyarakat yang tinggal di sekitar gunung api aktif diminta untuk tetap waspada dan mengikuti rekomendasi yang diberikan oleh otoritas terkait. Keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama dalam menghadapi fenomena alam ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *