BERITANASIONAL

Rekapitulasi Tes Seleksi Masuk Bersama Polinela: 721 Calon Mahasiswa Mengarungi Tiga Hari

150
×

Rekapitulasi Tes Seleksi Masuk Bersama Polinela: 721 Calon Mahasiswa Mengarungi Tiga Hari

Sebarkan artikel ini
Rekapitulasi Tes Seleksi Masuk Bersama Polinela 721 Calon Mahasiswa Mengarungi Tiga Hari
Rekapitulasi Tes Seleksi Masuk Bersama Polinela 721 Calon Mahasiswa Mengarungi Tiga Hari

Media90 – Politeknik Negeri Lampung (Polinela) baru-baru ini mengadakan tes seleksi masuk bersama (SMB) untuk calon mahasiswa baru, dengan total 721 peserta.

Tujuan dari tes ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan, bakat, dan potensi para calon mahasiswa dalam berbagai bidang keahlian, termasuk administrasi bisnis, pertanian, dan rekayasa.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan kesempatan yang adil kepada semua peserta tes, acara ini berlangsung mulai tanggal 24 hingga 26 Juni 2023, di Gedung Ki Hajar Dewantara, Gedung Kuliah Bersama, dan Gedung Sakura Polinela.

Tes SMB Polinela terdiri dari beberapa tahap yang dirancang secara komprehensif untuk menggali potensi dan bakat para calon mahasiswa.

Tahap pertama adalah tes tulis yang dilakukan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan mencakup potensi akademik, matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, ekonomi, fisika, dan biologi.

Tahap selanjutnya adalah tes wawancara yang menitikberatkan penilaian terhadap motivasi, prestasi non akademik, kemampuan berkomunikasi lisan, sikap dan penampilan, serta keseriusan calon mahasiswa dalam menempuh studi di Polinela.

Salah satu peserta tes, Ibnu, menyatakan kesiapannya untuk mengikuti seleksi ini. Menurutnya, tes ini memberikan kesempatan yang adil bagi semua calon mahasiswa, tanpa memandang latar belakang pendidikan atau kekayaan orang tua.

“Saya merasa lebih percaya diri karena semua peserta mengikuti tes yang sama. Ini membuktikan bahwa seleksi dilakukan berdasarkan kemampuan individu dan bukan faktor lain,” kata Ibnu pada hari Sabtu, 24 Juni 2023.

Sementara itu, Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si, Wakil Direktur I Bidang Akademik Polinela, menjelaskan bahwa tujuan utama dari Tes SMB Polinela ini adalah untuk menemukan bakat dan potensi para calon mahasiswa.

“Kami ingin mengidentifikasi individu yang berprestasi dan memiliki minat khusus di bidang tertentu.

Dengan melaksanakan tes ini, kami memastikan bahwa para mahasiswa yang diterima adalah mereka yang memiliki potensi dan komitmen tinggi dalam bidang yang diminati,” jelas Dwi Puji Hartono.

Tes SMB Polinela diharapkan dapat membantu para calon mahasiswa dalam menentukan jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka yang telah teruji.

Setelah melewati proses seleksi ini, mereka akan ditempatkan di program studi yang sesuai dengan kemampuan dan minat yang diuji.

Dengan dilaksanakannya tes seleksi ini, diharapkan akan muncul generasi muda yang memiliki kualitas dan keahlian yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan dunia industri yang terus berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *