BERITA

Ratusan Petani di Anak Tuha, Lampung Tengah, Mulai Menerima Tali Asih dari PT. BSA

97
×

Ratusan Petani di Anak Tuha, Lampung Tengah, Mulai Menerima Tali Asih dari PT. BSA

Sebarkan artikel ini
Konflik Lahan PT BSA, Ratusan Petani di Anak Tuha Lampung Tengah Mulai Terima Tali Asih
Konflik Lahan PT BSA, Ratusan Petani di Anak Tuha Lampung Tengah Mulai Terima Tali Asih

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Ratusan petani yang tersebar di tiga kampung di Kecamatan Anak Tuha, Lampung Tengah, mulai merasakan bantuan dari PT. Bumi Sentosa Abadi (BSA) berupa tali asih atau ganti tanam tumbuh.

Hingga Jumat, 6 Oktober 2023, Posko Kelompok Kerja (Pokja) yang beroperasi di Aula Kantor Kecamatan Anak Tuha mencatat sebanyak 126 petani telah terdaftar sebagai penerima manfaat program ini.

Ketua Tim Pokja Ganti Tanam Tumbuh, Kusuma Haryadi, menjelaskan bahwa total lahan hak guna usaha (HGU) yang telah diserahkan oleh para petani mencapai 343,65 hektar.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 200,94 hektar telah berhasil diverifikasi. “Artinya, lahan garapan yang telah diverifikasi sesuai dengan hasil survei di lapangan. Setelah proses verifikasi selesai, petani berhak mendapatkan uang ganti tanam tumbuhnya,” kata Kusuma Haryadi dalam keterangannya pada Senin, 9 Oktober 2023.

Hingga saat ini, sudah ada 79 petani yang telah menerima uang ganti tanam tumbuh dari lahan yang telah terverifikasi, dengan total nominal mencapai Rp592 juta.

Pembayaran tersebut dilakukan dalam empat tahap, di antaranya:

  1. Tahap pertama melibatkan 29 petani dengan luas lahan 67,97 hektar, yang menerima total uang ganti tanam tumbuh sebesar Rp220,47 juta.
  2. Tahap kedua melibatkan satu petani dengan luas lahan sehektar, yang mendapatkan uang ganti tanam tumbuh sebesar Rp5,5 juta.
  3. Tahap ketiga melibatkan 48 petani dengan luas lahan 130,97 hektar, yang menerima total nominal tali asih sebesar Rp362,43 juta.
  4. Tahap keempat melibatkan satu petani dengan luas lahan sehektar, yang mendapatkan uang ganti tanam tumbuh sebesar Rp4.125.000.

Kusuma Haryadi juga menjelaskan bahwa aktivitas Posko Pokja akan berakhir pada Senin mendatang, dengan fokus pada memberikan dana tali asih kepada petani yang sudah terdaftar dan diverifikasi.

Meskipun begitu, Tim Posko Pokja akan tetap menerima pendaftaran apabila ada petani yang masih ingin mendaftarkan diri.

Setelah pendaftaran, proses verifikasi akan segera dilakukan, dan uang tanam tumbuh akan diberikan kepada petani yang memenuhi syarat.

Sejumlah petani penerima tali asih menyatakan kegembiraan dan kebahagiaan mereka, mengingat tanaman mereka di lahan PT. BSA akan mendapatkan pergantian yang diharapkan akan memberikan dampak positif pada kehidupan mereka dan masa depan pertanian di daerah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *