BERITA

Program Inklusi Yansos: Pemprov Lampung Menjangkau 100 Penyandang Disabilitas di Kabupaten Pesawaran

144
×

Program Inklusi Yansos: Pemprov Lampung Menjangkau 100 Penyandang Disabilitas di Kabupaten Pesawaran

Sebarkan artikel ini
Yansos Jejama Pemprov Lampung Jangkau 100 Penyandang Disabilitas di Pesawaran
Yansos Jejama Pemprov Lampung Jangkau 100 Penyandang Disabilitas di Pesawaran

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Senin (13/11/2023), Program Pelayanan Sosial Jejaring Masyarakat (Yansos Jejama) Dinas Sosial Provinsi Lampung berhasil mencapai milestone penting dengan menjangkau 100 penyandang disabilitas di Kabupaten Pesawaran.

Acara penutupan kegiatan ini digelar di Balai Desa Kurungan Nyawa, Kecamatan Gedong Tataan, menjadi saksi penyerahan alat bantu disabilitas yang diselenggarakan oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M.Si.

Sebanyak 25 kursi roda, 4 alat bantu dengar, 3 tongkat kaki tiga, 2 kruk, dan 3 tongkat netra diserahkan langsung kepada para penyandang disabilitas.

Bupati Pesawaran dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi atas penyelenggaraan program Yansos Jejama di wilayahnya.

Baca Juga:  Menjelajahi Batas-batas: Program Sains Data IIB Darmajaya Mengevaluasi Keberhasilan di ITERA

Ia mengakui bahwa bantuan tersebut memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk menjalani hidup lebih baik.

Bupati juga tidak lupa mengapresiasi visi dan misi Gubernur Lampung yang begitu peduli terhadap penyandang disabilitas.

Hal ini terbukti dengan Pemerintah Provinsi Lampung meraih penghargaan Prakarsa Inklusi dari Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia (KND RI).

“Terima kasih atas perhatian Bapak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, yang telah menyelenggarakan kegiatan Yansos Jejama ini, dan membantu para penyandang disabilitas di Kabupaten Pesawaran,” ujar Bupati Dendi Ramadhona.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Drs. Aswarodi M.Si, menjelaskan bahwa Yansos Jejama merupakan kegiatan jemput bola, di mana Dinas Sosial memberikan layanan rehabilitasi di luar panti.

Tim Yansos Jejama terdiri dari tenaga medis, perawat kejiwaan, psikolog, dan pekerja sosial.

Baca Juga:  PDIP Lakukan Fit and Proper Tes untuk Calon Bupati Tulang Bawang: Ismet Roni, Anggota DPRD Lampung, Membahas Kriteria Wakil yang Dibutuhkan

Mereka bekerja dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, asesmen psikologis, dan memberikan rekomendasi intervensi yang sesuai untuk penyandang disabilitas.

Kegiatan ini sejalan dengan misi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan penyandang disabilitas.

Yansos Jejama menjadi sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial yang memberikan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, dan rujukan bagi penyandang cacat atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya.

Acara penutupan kegiatan turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Pesawaran Nanda Indira Dendy, Kepala Dinas Sosial Pesawaran, Kades Kurungan Nyawa, dan para pendamping sosial Kabupaten Pesawaran.

Semua pihak berharap bahwa program Yansos Jejama dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat, khususnya penyandang disabilitas di wilayah Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *