BERITA

Prioritaskan PPPK dan Lulusan Lima Jurusan Digital: Seleksi CPNS Dibuka September

151
×

Prioritaskan PPPK dan Lulusan Lima Jurusan Digital: Seleksi CPNS Dibuka September

Sebarkan artikel ini
Prioritaskan PPPK dan Lulusan Lima Jurusan Digital Seleksi CPNS Dibuka September
Prioritaskan PPPK dan Lulusan Lima Jurusan Digital Seleksi CPNS Dibuka September

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pertengahan September 2023 akan menjadi momen penting bagi para calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang berbakat di bidang digital.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas, secara resmi telah mengumumkan pembukaan seleksi CPNS dan PPPK 2023 yang akan memberikan prioritas kepada para pelamar baru lulus dengan keahlian digital.

“Kami telah memutuskan untuk melaksanakan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023,” ungkap Anas melalui pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pengumuman ini berlangsung pada Jumat, 14 Juli 2023.

Meski kesempatan untuk berpartisipasi dalam seleksi CPNS dan PPPK 2023 tampak menjanjikan, pelamar fresh graduate menghadapi tantangan dengan jatah kuota yang terbatas.

Sekitar 80% dari kuota tersebut didedikasikan untuk pelamar honorer, sehingga peluang bagi lulusan baru tampak kecil.

Menyikapi keluhan ini, Anas merespons dengan serius saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 12 Juni 2023.

“Kami mendapatkan keluhan dari para lulusan baru. Mereka merasa bahwa honorer mendapat prioritas lebih tinggi daripada mereka, padahal kami yang baru lulus juga ingin berbakti kepada bangsa dan negara,” ungkap Anas menyampaikan aspirasi dari para pelamar fresh graduate.

Dalam upaya menyelesaikan permasalahan ini, Kementerian PAN-RB berkomitmen untuk menyusun formasi dan langkah-langkah baru guna memberikan kesempatan yang lebih adil bagi para lulusan baru.

Formasi ini akan dipresentasikan secara langsung kepada Presiden Jokowi untuk dipertimbangkan lebih lanjut.

Anas menegaskan bahwa pihaknya akan memberikan prioritas kepada para lulusan baru yang memiliki keahlian di bidang digital untuk menempati posisi strategis di berbagai lembaga pemerintahan.

Beberapa jurusan yang berbasis digital seperti Teknologi Informasi, Desain Komunikasi Visual, Bisnis Digital, Sistem Informasi, dan Desain Grafis berpeluang tinggi untuk lolos dalam seleksi CPNS 2023.

“Pelamar baru yang memiliki talenta di bidang digital akan menjadi fokus utama kami,” tegas Anas.

“Mereka akan memiliki kualifikasi yang sangat tinggi untuk mengisi berbagai posisi yang dibutuhkan oleh kementerian, lembaga, dan daerah.”

Dengan komitmen ini, diharapkan seleksi CPNS dan PPPK 2023 dapat menjadi ajang yang berkeadilan bagi para pelamar baru yang memiliki potensi dan keahlian di bidang digital, sehingga pemerintahan dapat didukung oleh sumber daya manusia berkualitas dalam menghadapi tantangan era digitalisasi yang semakin kompleks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *