BERITA

Prestasi Luar Biasa: Tubaba Art Festival Menjadi Sorotan Budaya Nasional dan Internasional dalam Kalender Event Nusantara Kemenparekraf RI

27
×

Prestasi Luar Biasa: Tubaba Art Festival Menjadi Sorotan Budaya Nasional dan Internasional dalam Kalender Event Nusantara Kemenparekraf RI

Sebarkan artikel ini
Jadi Panggung Budaya Nasional dan Dunia, Tubaba Art Festival Masuk Kalender Event Nusantara Kemenparekraf RI
Jadi Panggung Budaya Nasional dan Dunia, Tubaba Art Festival Masuk Kalender Event Nusantara Kemenparekraf RI

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Tubaba Art Festival (TAF) telah meraih prestasi gemilang dengan berhasil masuk dalam Kalender Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Pengumuman tersebut dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, pada peluncuran program KEN 2024 di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada Sabtu (27/01/2024).

KEN merupakan inisiatif Kemenparekraf untuk memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial, dan lingkungan dengan pendekatan berkelanjutan.

Program ini bertujuan menghidupkan sektor budaya dan pariwisata dengan menghadirkan kegiatan-kegiatan berkualitas dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada menyambut baik keputusan tersebut dan menyampaikan rasa terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga Uno atas pencapaian TAF dalam 110 KEN 2024.

“Ini artinya Tubaba akan menjadi panggung seni dan budaya nasional serta mendunia. Tubaba Art Festival juga berhasil menarik perhatian wisatawan, seniman, dan memberikan kontribusi positif pada ekonomi daerah,” ungkap Firsada.

Penetapan TAF dalam agenda KEN 2024 melibatkan evaluasi dari berbagai aspek, mulai dari konsep, manajemen, pembiayaan, hingga keberlangsungan acara.

Keberhasilan TAF menjadi salah satu yang terpilih menandai pencapaian luar biasa Kabupaten Tubaba di kancah nasional.

Pj Bupati Firsada juga menekankan bahwa kehadiran TAF dalam KEN 2024 akan menjadi pendorong semangat bagi Tubaba untuk terus meningkatkan kualitas acara.

“Ini adalah kebanggaan bagi Tubaba karena masuk dalam 110 event terpilih dari seluruh Indonesia,” tambahnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Tubaba, Apriansyah, S.STP, menjelaskan bahwa TAF 2024 direncanakan akan digelar pada bulan Agustus 2024 di Kawasan Kota Budaya Uluan Nughik, Tiyuh Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

“TAF 2024 ini merupakan edisi ke-8, dan kami dari Disporapar bersama Direktur Tubaba Art Festival telah memulai beberapa persiapan, termasuk perancangan konsep dan karya,” ujar Apriansyah.

Harapannya, gelaran TAF kali ini dapat memberikan dampak positif yang lebih besar, terutama bagi sektor pariwisata dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tubaba.

“Sejalan dengan arahan Menparekraf Pak Sandiaga Uno, kami berharap TAF dapat memajukan sektor UMKM, mendorong kreativitas generasi muda, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), dan mendukung ekonomi berkelanjutan di Kabupaten Tubaba,” tandasnya.

Apriansyah juga menegaskan bahwa gelaran TAF 2024 akan tetap berkelanjutan dengan beberapa penambahan inovatif, memastikan bahwa festival seni dan budaya ini akan terus menjadi sorotan dalam kalender budaya nasional dan internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *