BERITA

Presiden RI Memberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya kepada Nanda Indira Dendi

213
×

Presiden RI Memberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya kepada Nanda Indira Dendi

Sebarkan artikel ini
Presiden RI Memberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya kepada Nanda Indira Dendi
Presiden RI Memberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya kepada Nanda Indira Dendi

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi, menerima penghargaan prestisius Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Penghargaan tersebut diberikan dalam rangkaian acara Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023, yang diselenggarakan di Lapangan Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, pada hari Kamis (6/7/2023). Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44/TK/2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wirakarya menjadi dasar pemberian penghargaan ini kepada Nanda Indira Dendi.

Penyematan SWK ini merupakan hasil dari penilaian lapangan yang dilakukan oleh Setmilpres dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat pada tanggal 16 Juni 2023 di Desa Cipadang, Kecamatan Gedongtataan.

Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran selama dua periode sejak tahun 2016, Nanda Indira Dendi telah menunjukkan komitmennya dan melaksanakan berbagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Pesawaran yang lebih maju dan sejahtera, dengan masyarakat yang produktif.

Baca Juga:  Polres Lampung Tengah Mendapatkan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Jurnalistik dari Bidhumas Polda Lampung

Salah satu program yang berhasil diimplementasikan adalah program “Bangga Kencana,” yang mencakup berbagai aspek kesehatan, seperti kesehatan ibu hamil, bayi, balita, anak sekolah, serta pencegahan stunting, terutama di Kampung KB. Program ini telah dijadikan panutan dan teladan bagi masyarakat Kabupaten Pesawaran.

Selain itu, Nanda juga telah membina Kampung KB Terpadu dan melaksanakan pembinaan 10 program pokok PKK.

Hingga tahun 2023, telah terbentuk 65 Kampung KB dan rumah dataku yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Pesawaran.

Selain itu, dia juga membentuk dan membina kelompok-kelompok pertanian, seperti BKB, BKR, BKL, UPPKA, dan PIK-R di 148 desa.

Program lain yang dilaksanakan adalah pembentukan Desa Wisata Ramah Perempuan dan Peduli Anak (Dewi Ramah Mulia), Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) di setiap desa, serta program pembangunan Rumah Desa Sehat.

Nanda Indira Dendi juga aktif dalam memberikan pembinaan kepada masyarakat dalam hal pencegahan stunting, penyuluhan, dan pelayanan KB keliling. Dia juga membentuk kelompok wanita tani dan mendirikan pusat kegiatan belajar masyarakat agar masyarakat dapat menjadi mandiri, maju, dan sejahtera.

Baca Juga:  Indonesia Memeriahkan Gelombang Terbesar dengan Krui Pro, Event Surfing WSL Terkemuka

Nanda Indira Dendi mengucapkan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung program-program yang dilaksanakan.

Dia meyakini bahwa keberhasilan program ini tidak lepas dari kerja keras Pemerintah Kabupaten Pesawaran dan dukungan masyarakat di Bumi Andan Jejama.

Nanda berharap bahwa penghargaan ini akan menjadi penyemangat dan motivasi bagi PKK dalam membantu Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk mewujudkan daerah yang lebih maju dan sejahtera, dengan masyarakat yang produktif.

Selain penghargaan yang diterima oleh Nanda Indira Dendi, pada puncak peringatan Harganas ke-30 juga diberikan penghargaan kepada Kabupaten Pesawaran sebagai Juara I Kategori Total Capaian Pelayanan KB Tingkat Nasional dengan target 750–2.000.

Kabupaten Pesawaran juga meraih Juara I Kategori Laporan Sistem Informasi Keluarga Tingkat Nasional pada kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2023 di seluruh provinsi.

Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, merasa bersyukur dan bangga atas capaian yang telah diraih oleh Ketua TP PKK Pesawaran.

Baca Juga:  Tertangkap! Pria Tulang Bawang Bawa Kabur Mobil Rental Warga Lambu Kibang, Ditangkap di Mesuji

Dia menjelaskan bahwa Tanda Kehormatan dari Presiden RI diberikan kepada Ketua TP PKK yang telah menunjukkan komitmen, jasa, dan prestasi dalam pelaksanaan program Bangga Kencana.

SWK diberikan setelah sebelumnya Nanda Indira Dendi mendapat penghargaan Manggala Karya Kencana, penghargaan tertinggi dari Kepala BKKBN kepada Ketua TP PKK Provinsi, Kabupaten/Kota, sebagai bentuk pengakuan atas prestasi, komitmen, dukungan, serta kontribusinya yang besar dalam pelaksanaan program Bangga Kencana di wilayahnya.

Dendi Ramadhona menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam pemberian penghargaan ini.

Indikator keberhasilannya antara lain meningkatnya program Bangga Kencana di Kampung KB, peningkatan peran mitra kerja dan dinas instansi terkait di Kampung KB, serta peningkatan peran TP PKK dalam program Bangga Kencana dan penurunan kasus stunting.

Selain itu, perubahan perilaku masyarakat dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) juga menjadi faktor penting yang dievaluasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *