BERITA

Polinela Menyambut Era Baru: Mendukung Percepatan Transformasi Digital Penyuluh Pertanian dan Perikanan Lampung

79
×

Polinela Menyambut Era Baru: Mendukung Percepatan Transformasi Digital Penyuluh Pertanian dan Perikanan Lampung

Sebarkan artikel ini
Polinela Dukung Percepatan Transformasi Digitalisasi Penyuluh Pertanian dan Perikanan di Provinsi Lampung
Polinela Dukung Percepatan Transformasi Digitalisasi Penyuluh Pertanian dan Perikanan di Provinsi Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (KPTPH) Provinsi Lampung menjalin kemitraan strategis dengan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) dalam upaya percepatan transformasi digitalisasi penyuluhan.

Kolaborasi ini menjadi pusat perhatian dalam Temu Teknis Penyuluh Pertanian se Provinsi Lampung yang berlangsung di Hotel Horison, Bandar Lampung, pada Rabu, 6 Desember 2023.

Gubernur Lampung, Dr (HC). Ir. Arinal Djunaidi, M.M., secara resmi membuka acara tersebut dengan mengangkat tema utama, yakni transformasi penyuluhan pertanian berbasis digital.

Tujuan utamanya adalah mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) penyuluh serta produksi sektor pertanian dan perikanan di Provinsi Lampung, dengan harapan menuju petani sejahtera dalam rangka mewujudkan Lampung Berjaya.

Temu Teknis Penyuluh yang diselenggarakan oleh Dinas KPTPH merupakan bagian dari rangkaian kegiatan tahun 2023, yang bertujuan untuk mempercepat transformasi dan digitalisasi penyuluhan pertanian dan perikanan di Lampung. Polinela, sebagai mitra strategis, turut serta dalam mensukseskan program ini.

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Bimbingan Teknis Digitalisasi Penyuluhan bagi Penyuluh se Provinsi Lampung pada bulan November lalu.

Acara tersebut melibatkan dosen dan mahasiswa program studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL) Polinela, yang memberikan materi teoritis dan praktis mengenai penerapan teknologi informasi dalam penyuluhan pertanian.

Seminar dan diskusi panel dalam bidang teknologi informasi melibatkan tiga narasumber dari Prodi TRPL, yaitu Jaka Fitra, S.Kom., M.T.I., Dani Rofianto, S.Mat., M.Kom., dan Khusnatul Amaliah, S.Kom., M.Kom.

Sementara itu, bidang pertanian dihadiri oleh Anung Wahyudi, S.P., M.Sc., P.hD. dengan partisipasi lebih dari 150 peserta, yang mayoritas merupakan penyuluh pertanian se Provinsi Lampung.

Ketua Panitia Dinas KPTPH, Oktafia Hafid, menyampaikan bahwa program transformasi dan digitalisasi penyuluhan pertanian tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM penyuluh dalam literasi digital.

Rencananya, pada tahun 2024, kerja sama dengan Polinela akan diperluas untuk fokus pada pengembangan aplikasi dan sistem informasi guna mendukung digitalisasi penyuluhan.

Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si., Direktur Polinela, menyatakan komitmen perguruan tinggi vokasi ini untuk terus mendukung program Pemerintah Provinsi Lampung.

Dengan program studi di bidang ilmu ekonomi, bisnis, teknik, dan teknologi informasi, Polinela siap menjadi mitra strategis dalam pengembangan sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan di Provinsi Lampung.

“Sebagai contoh program kemitraan dengan Dinas KPTPH, Polinela mendukung penuh program percepatan Transformasi Digital Penyuluh dan Produksi Sektor Pertanian dan Perikanan Pemprov Lampung,” tutur Prof Sarono dengan keyakinan.

Kolaborasi ini diharapkan dapat membawa dampak positif signifikan dalam mewujudkan pertanian dan perikanan yang modern dan berdaya saing di Provinsi Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *