BERITAOTOMOTIFTEKNO

Polda Metro Jaya Meluncurkan ETLE Mobile untuk Penegakan Hukum Lalu Lintas yang Lebih Efektif

109
×

Polda Metro Jaya Meluncurkan ETLE Mobile untuk Penegakan Hukum Lalu Lintas yang Lebih Efektif

Sebarkan artikel ini
Polda Metro Jaya Meluncurkan ETLE Mobile untuk Penegakan Hukum Lalu Lintas yang Lebih Efektif
Polda Metro Jaya Meluncurkan ETLE Mobile untuk Penegakan Hukum Lalu Lintas yang Lebih Efektif

Media90 – Polda Metro Jaya telah mengadakan acara peluncuran ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) mobile di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya pada Selasa (13/12/2022) kemarin. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Kapolda Metro Jaya, Danpuspomad (Komandan Pusat Polisi Militer TNI-Angkatan Darat), Danpuspomal (Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut), Danpuspomau (Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Udara), dan lain-lain.

ETLE mobile merupakan inovasi terbaru dalam penegakan hukum lalu lintas yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya. Perangkat ini berfungsi untuk merekam berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor di jalan raya. Dalam perbedaan dengan ETLE biasa yang hanya terletak di titik strategis tertentu, ETLE mobile ditempatkan di kendaraan petugas kepolisian. Hal ini memungkinkan petugas untuk melakukan penindakan langsung terhadap pelanggaran yang terjadi di sekitarnya.

“ETLE ini adalah inovasi yang digagas Kapolda Metro Jaya serta Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat. ETLE mobile memberikan jaminan kepada masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum terkait pelanggaran di jalan raya,” ujar Irjen Fadil seperti yang dikutip dari situs web resmi Korlantas Polri.

Sebelum diluncurkan secara resmi, Ditlantas Polda Metro Jaya telah melakukan uji coba ETLE mobile di sejumlah jalan di kawasan Jakarta. Uji coba tersebut bertujuan untuk memastikan keandalan dan kinerja perangkat sebelum digunakan secara luas.

Peluncuran ETLE mobile sempat mengalami penundaan karena menunggu kegiatan Kapolda dan Kapolri. Namun, dengan adanya peluncuran ini, diharapkan penegakan hukum lalu lintas dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. ETLE mobile akan menjadi alat yang sangat berguna bagi petugas kepolisian dalam menjaga ketertiban dan keamanan di jalan raya serta memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam berlalu lintas.

Turut Meluncurkan Aplikasi Info Laka dan Polantas Smart

Turut Meluncurkan Aplikasi Info Laka dan Polantas Smart
Turut Meluncurkan Aplikasi Info Laka dan Polantas Smart

Polda Metro Jaya terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan meluncurkan dua aplikasi baru, yaitu Aplikasi Info Laka Lantas dan Polantas Smart. Kedua aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan edukasi kepada masyarakat terkait lalu lintas dan kepolisian.

Aplikasi Info Laka Lantas hadir untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai tindak lanjut setelah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dengan menggunakan aplikasi ini, masyarakat dapat dengan mudah mengetahui perkembangan perkara lalu lintas yang sedang terjadi. Informasi tersebut meliputi penanganan kecelakaan, pengalihan arus lalu lintas, dan upaya pemulihan situasi.

Tujuan dari Aplikasi Info Laka Lantas adalah untuk memberikan kejelasan dan transparansi kepada masyarakat dalam hal penanganan kecelakaan lalu lintas. Dengan adanya akses informasi yang cepat dan akurat, masyarakat dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang situasi lalu lintas yang sedang terjadi. Hal ini juga diharapkan dapat mengurangi kecemasan dan ketidakpastian yang seringkali dirasakan setelah terjadinya kecelakaan.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga meluncurkan aplikasi Polantas Smart yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait tata tertib berlalu lintas dan pelayanan kepolisian. Aplikasi ini akan menjadi etalase Ditlantas Polda Metro Jaya dalam menjalin komunikasi yang responsif dengan masyarakat.

Dengan adanya Polantas Smart, masyarakat dapat memperoleh informasi mengenai peraturan lalu lintas, tata cara mengurus SIM (Surat Izin Mengemudi), dan layanan kepolisian lainnya. Aplikasi ini dirancang secara interaktif dan user-friendly sehingga mudah digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Irjen Fadil, sebagai perwakilan dari Polda Metro Jaya, menyatakan bahwa peluncuran kedua aplikasi ini merupakan bagian dari perintah Kapolri untuk terus melakukan transformasi pelayanan, operasional, dan sumber daya manusia agar Polri dapat dipercaya oleh publik. Ia berharap aplikasi ini dapat terus dikembangkan dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Dengan adanya Aplikasi Info Laka Lantas dan Polantas Smart, diharapkan masyarakat dapat lebih terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas. Polda Metro Jaya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pemanfaatan teknologi yang tepat guna.