BERITA

PLN Dorong Tata Kelola Air Berkelanjutan Lewat Program Air Bersih, Warga di Berbagai Daerah Rasakan Manfaatnya

101
×

PLN Dorong Tata Kelola Air Berkelanjutan Lewat Program Air Bersih, Warga di Berbagai Daerah Rasakan Manfaatnya

Sebarkan artikel ini
Program Air Bersih PLN Dukung Tata Kelola Air Berkelanjutan, Manfaat Dirasakan Warga di Berbagai Daerah
Program Air Bersih PLN Dukung Tata Kelola Air Berkelanjutan, Manfaat Dirasakan Warga di Berbagai Daerah

Media90 – PT PLN (Persero) berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) penyediaan air bersih pada tahun 2024.

Upaya ini berhasil menjangkau sebanyak 7.500 penerima manfaat yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, sejalan dengan semangat pemerintah untuk menjaga tata kelola air berkelanjutan yang digaungkan pada World Water Forum (WWF) di Bali.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengungkapkan bahwa program TJSL ini mencakup berbagai aspek penting yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat serta mendukung ketahanan pangan.

Fokus utama dari program ini meliputi pipanisasi, penyediaan sumur bor dan water torent, pipa distribusi untuk kebutuhan air bersih di desa-desa, serta peningkatan layanan jaringan irigasi.

“Penyediaan sarana air bersih adalah salah satu bentuk kepedulian PLN terhadap kesejahteraan masyarakat. Kami menyadari bahwa air bersih adalah kebutuhan dasar yang harus terpenuhi. Melalui program TJSL ini, kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” ujar Darmawan.

Pada tahun 2023, PLN telah menggandeng TNI AD dalam penyediaan air bersih dan sanitasi. Hasilnya, 56 infrastruktur air bersih telah berhasil dibangun.

Di tahun 2024, PLN bersama TNI AD menargetkan 50 titik baru penyediaan air bersih melalui program Manunggal Air.

“Program Manunggal ini dirancang untuk menjawab kebutuhan dasar masyarakat akan air bersih, terutama di wilayah yang sulit dijangkau dan memiliki akses terbatas terhadap sumber daya air. Tahun lalu, program ini telah menunjukkan hasil yang signifikan, sehingga kolaborasi ini perlu dilanjutkan lagi pada lokasi-lokasi yang tersebar di seluruh tanah air,” ungkap Darmawan.

Darmawan menambahkan bahwa keberhasilan kolaborasi pembangunan sarana air bersih bersama TNI AD di tahun 2023 menjadi pijakan bagi PLN dan TNI AD untuk melanjutkan program di tahun 2024.

Secara kumulatif, tahun 2024 ini, PLN dan TNI AD akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur air bersih di 106 titik lokasi.

Selain kolaborasi dengan TNI AD, PLN melalui seluruh Program TJSL Unit se-Indonesia juga menargetkan sedikitnya 100 titik air bersih di tahun 2024 bisa diselesaikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

“PLN berencana untuk terus mengembangkan dan memperluas program ini agar manfaatnya bisa dirasakan oleh lebih banyak orang di seluruh penjuru Indonesia. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Darmawan.

Darmawan menegaskan bahwa kolaborasi bersama TNI adalah wujud nyata dari sinergi antara BUMN dan institusi negara dalam upaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

“Kerja sama ini merupakan wujud komitmen untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s). PLN akan terus berkolaborasi dan memastikan bahwa program ini berjalan sesuai rencana sehingga memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat luas,” lanjut Darmawan.

Ke depan, diharapkan program ini tidak hanya memberikan akses air bersih kepada masyarakat, tetapi juga membuka peluang untuk peningkatan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan ekonomi di daerah-daerah terpencil.

Respon (6)

  1. Way cool! Some very valid points! I appreciate you penning this
    post plus the rest of the website is really good.

  2. Hey there! I just want to offer you a big thumbs up
    for your great information you have here on this post.
    I am coming back to your site for more soon.

  3. Howdy are using WordPress for your blog platform? I’m
    new to the blog world but I’m trying to get started and create my
    own. Do you require any coding expertise to make
    your own blog? Any help would be really appreciated!

  4. I’m not sure where you’re getting your info, but great topic.
    I needs to spend some time learning much more or understanding more.
    Thanks for magnificent information I was looking for this info for my mission.

  5. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was great.
    I do not know who you are but definitely you’re going to a famous blogger if you are not
    already 😉 Cheers!

  6. Howdy! Quick question that’s completely off topic. Do you know how to
    make your site mobile friendly? My blog looks weird when viewing from
    my iphone. I’m trying to find a template or plugin that
    might be able to resolve this problem. If you have any
    recommendations, please share. With thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *