BERITA

Perenang Laut Beraksi untuk Kelestarian: Bersihkan Sampah Plastik di Mutun dan Tangkil Pesawaran

23
×

Perenang Laut Beraksi untuk Kelestarian: Bersihkan Sampah Plastik di Mutun dan Tangkil Pesawaran

Sebarkan artikel ini
Dominan Plastik, Komunitas Perenang Laut Bersihkan Sampah di Kawasan Wisata Mutun dan Tangkil Pesawaran
Dominan Plastik, Komunitas Perenang Laut Bersihkan Sampah di Kawasan Wisata Mutun dan Tangkil Pesawaran

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Sabtu (27/1/2024) pukul 05.45 WIB, Komunitas Perenang Laut Pantai Mutun dan Pantai Kunyit menggelar aksi bersih-bersih pantai dan laut di Pantai Mutun dan Pulau Tangkil, Kabupaten Pesawaran.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 150 peserta ini dipimpin oleh koordinator kegiatan, Napoli Situmorang, dengan tujuan utama membersihkan sampah yang mengotori lingkungan sekitar.

“Pada musim hujan seperti ini, volumenya luar biasa. Sampah tersebut sangat mengganggu lingkungan dan ekosistem laut,” ujar Napoli Situmorang, yang menjadi koordinator kegiatan ini.

Fokus utama kegiatan ini adalah membersihkan sampah perairan, dengan para perenang dilengkapi karung untuk mengumpulkan sampah di perairan antara Pantai Mutun dan Pulau Tangkil.

Hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, Emilia Kusumawati, beserta staf, dan Kepala Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pesawaran, Linda Sari, beserta staf dan satgas kebersihan masing-masing.

Napoli Situmorang menyatakan kekagumannya atas dukungan besar yang diberikan tidak hanya oleh instansi pemerintah, tetapi juga dari pecinta lingkungan seperti Stand Up Paddle Lampung, Komunitas Kayak, mahasiswa pecinta alam dari berbagai universitas di Provinsi Lampung, dan berbagai kalangan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, Napoli Situmorang membagi peserta ke dalam beberapa kelompok.

Para perenang bertugas membersihkan areal perairan laut antara Pantai Mutun dan Pulau Tangkil, sementara kelompok Stand Up Paddle dan Kayak menyisir sampah di sekitar perairan laut Pulau Tangkil.

Kelompok lainnya fokus membersihkan sampah daratan dan Pantai Mutun.

“Sampah yang terkumpul memiliki volume yang cukup besar dan didominasi oleh plastik. Sampah tersebut kemudian diangkut menggunakan truk sampah milik Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pesawaran. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi awal dari serangkaian kegiatan berkelanjutan dan menginspirasi masyarakat sekitar untuk terus menjaga kebersihan lingkungan demi keberlanjutan masa depan, terutama bagi generasi mendatang,” pungkas Napoli Situmorang dengan harapan positif.