BERITA

Pengurus Pramuka Kwarcab Tulang Bawang Lakukan Studi Banding ke Kwarcab Lampung Timur dan Kwarda Lampung untuk Tingkatkan Kualitas Pelatihan

9
×

Pengurus Pramuka Kwarcab Tulang Bawang Lakukan Studi Banding ke Kwarcab Lampung Timur dan Kwarda Lampung untuk Tingkatkan Kualitas Pelatihan

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Kualitas Pelatihan, Pengurus Pramuka Kwarcab Tulang Bawang Studi Banding ke Kwarcab Lampung Timur dan Kwarda Lampung

Media90 – Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Tulang Bawang menyelenggarakan kegiatan penyegaran pelatih dan studi banding ke Kwartir Cabang (Kwarcab) Lampung Timur serta Kwartir Daerah (Kwarda) Lampung pada Sabtu-Minggu (28-29 September 2024).

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang pelatih Pramuka dari Kwarcab Tulang Bawang. Rombongan dilepas oleh Wakil Ketua VII Kwarcab Tulang Bawang, yang juga merupakan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Menak Sengaji, Bahrozi.

Bahrozi menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan frekuensi dan kualitas pelatihan kepramukaan di Tulang Bawang.

“Kami berharap dengan adanya penyegaran dan studi banding ini, para pelatih dapat lebih mengembangkan metode dan program pelatihan yang efektif,” ujar Bahrozi.

Baca Juga:  Pemotor Tewas Setelah Bertabrakan dengan Truk di Depan SPBU Wates Pringsewu

Ketua Panitia kegiatan, Alius Marizal, menambahkan bahwa studi banding ini bertujuan untuk mempelajari secara mendalam bagaimana Kwarcab Lampung Timur dan Kwarda Lampung mampu menyelenggarakan pelatihan yang lebih banyak dan berkualitas.

“Kami ingin memahami lebih jauh mengenai strategi yang mereka terapkan, sehingga bisa kami adopsi di Kwarcab Tulang Bawang. Harapannya, ke depan, kita juga bisa menyelenggarakan pelatihan yang lebih berkualitas dan berdampak besar,” jelas Alius Marizal.

Dalam kunjungan ke Kwarcab Lampung Timur, rombongan diterima oleh Sekretaris Kwarcab dan Kepala Pusdiklat Dharma Pura.

Mereka berbagi pengalaman sukses menyelenggarakan 123 pelatihan sejak tahun 1999, jauh lebih banyak dibandingkan dengan Tulang Bawang yang baru menyelenggarakan 24 pelatihan sejak 1997.

Baca Juga:  Krui Pro 2023 Resmi Dibuka, Gubernur Arinal: Kesuksesan Krui Berawal dari Kemajuan Masyarakatnya

Di Kwarda Lampung, rombongan diterima oleh Wakil Ketua II Kwarda Lampung dan Wakil Kepala Pusdiklat Intan Pura.

Mereka memaparkan berbagai inovasi dalam pelatihan kepramukaan yang telah diterapkan, seperti penggunaan teknologi digital dan pengembangan modul pelatihan yang lebih interaktif.

Melalui rangkaian kegiatan ini, para pelatih diharapkan dapat memperoleh banyak inspirasi dan wawasan baru.

Dengan begitu, mereka dapat menerapkan peningkatan kualitas dan kuantitas pelatihan di Kwarcab Tulang Bawang, demi mencetak generasi Pramuka yang lebih tangguh, berkualitas, dan berkarakter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *