BERITA

Pemprov Lampung Tetap Semarakkan HUT RI 2024 di Kota Baru Jati Agung Meski Jalan Rusak Berat

56
×

Pemprov Lampung Tetap Semarakkan HUT RI 2024 di Kota Baru Jati Agung Meski Jalan Rusak Berat

Sebarkan artikel ini
Kondisi Jalan Rusak Berat, Pemprov Lampung Gelar Upacara Kemerdekaan 2024 di Kota Baru Jati Agung
Kondisi Jalan Rusak Berat, Pemprov Lampung Gelar Upacara Kemerdekaan 2024 di Kota Baru Jati Agung

Media90 – Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin, mengumumkan bahwa pembangunan komplek perkantoran Pemerintah Provinsi Lampung di Kota Baru, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, akan dilanjutkan.

Langkah awal dari kelanjutan pembangunan ini ditandai dengan pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 di lokasi tersebut.

“Saya memutuskan untuk melaksanakan upacara di sana. Ini semata-mata ingin memulai kembali pembangunan Kota Baru. Dan nanti akan kami koordinasikan dengan Bappenas dan Menko Perekonomian agar pembiayaan pembangunan Kota Baru ini tidak hanya tergantung dengan APBD,” ujar Samsudin pada Rabu, 24 Juli 2024.

Samsudin berencana untuk memasukkan pembangunan komplek perkantoran di Kota Baru ke dalam program strategis nasional atau kawasan ekonomi khusus pemerintah pusat.

Baca Juga:  Logistik Pemilu untuk 2.880 TPS Dilepas oleh Walikota Bandar Lampung Menuju 126 Kelurahan

“Kami berharap dengan dimulainya kembali pembangunan Kota Baru, nantinya akan diteruskan oleh Gubernur Lampung terpilih,” tambahnya.

Menurut Samsudin, kelanjutan pembangunan di Kota Baru diharapkan dapat memberikan efek ganda bagi peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah.

“Sudah ada semangat baru dari masyarakat di sekitar Kota Baru yang sangat berharapkan keberlanjutan pembangunan ini. Sebab ini manfaatnya luar biasa untuk perekonomian Lampung,” jelasnya.

Pembangunan pusat pemerintahan di Kota Baru pertama kali dimulai pada tahun 2014 namun terbengkalai selama satu dekade. Komplek perkantoran ini memiliki luas sekitar 1.669 hektare.

Menurut pantauan Media90 pada Minggu, 21 Juli 2024, di bakal lokasi peringatan kemerdekaan RI sudah dipasang plang informasi sebagai tempat upacara. Namun, kondisi jalan di dalam komplek sangat memprihatinkan.

Jalan menuju Kota Baru tidak sepenuhnya dibangun dengan dana APBN meskipun telah dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:  Antisipasi Lonjakan Arus: Pelabuhan Panjang Perkuat Armada, Siap Layani Tiga Kali Penyeberangan

Masih terdapat jalan rusak sepanjang 3 km menjelang gerbang Kota Baru. Lubang besar dan dalam menganga di beberapa ruas jalan, menyebabkan kendaraan terperosok karena dalamnya lubang.

Jalan-jalan di kawasan tersebut hampir tidak beraspal lagi, hanya tersisa material batu sehingga menyerupai jalan onderlag. Sejumlah besi pagar perkantoran juga dilaporkan hilang dicuri.

Dengan adanya upacara kemerdekaan di lokasi ini, diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempercepat pembangunan kembali komplek perkantoran di Kota Baru dan mengatasi berbagai kendala yang ada.

Pemerintah Provinsi Lampung optimis bahwa pembangunan ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *