BERITA

Pemkot Metro Pionir di Lampung: Energi Listrik 100% dari REC PLN

20
×

Pemkot Metro Pionir di Lampung: Energi Listrik 100% dari REC PLN

Sebarkan artikel ini
Pemkot Metro Jadi Pemerintah Daerah Pertama di Lampung Gunakan 100 Persen Energi Listrik REC PLN
Pemkot Metro Jadi Pemerintah Daerah Pertama di Lampung Gunakan 100 Persen Energi Listrik REC PLN

Media90 – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung terus memperkuat kerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota di Lampung untuk mendukung penggunaan energi baru terbarukan (EBT).

Terbaru, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menjadi yang pertama di Lampung yang secara resmi menggunakan 100 persen energi bersih melalui penyerahan Renewable Energy Certificate (REC) oleh PLN.

Penyerahan REC dilakukan secara langsung oleh General Manajer PLN UID Lampung, Sugeng Widodo, kepada Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin, pada Rabu (18/9/2024).

Dengan sertifikasi ini, gedung Kantor Pemkot Metro kini mengandalkan 72 unit REC, setara dengan 72 megawatt hour (MWh) konsumsi energi listrik bersih.

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin, menyatakan bahwa kerjasama ini mencerminkan komitmen Pemkot Metro terhadap penggunaan energi ramah lingkungan dan mendukung target pemerintah Indonesia untuk mencapai net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

Baca Juga:  Dukung Rahmat Mirzani Djausal Jadi Gubernur, Penginyongan Lampung Minta Perbaikan Nasib Petani dan Infrastruktur

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah mendukung langkah ini. Kami percaya bahwa Metro siap untuk terus berinovasi dan memanfaatkan energi terbarukan dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih,” kata Wahdi.

Menurut Wahdi, penggunaan energi terbarukan memberikan dorongan positif bagi perkembangan Metro, dengan ekosistem kota yang kondusif untuk inovasi dan kemajuan.

“Energi terbarukan dan energi hijau akan membawa banyak manfaat bagi Metro, dan kami siap untuk melanjutkan langkah ini,” tambahnya.

Sementara itu, Sugeng Widodo dari PLN UID Lampung mengapresiasi langkah Pemkot Metro sebagai pelopor dalam penggunaan REC di kalangan pemerintah daerah di Lampung.

“Kami sangat menghargai komitmen Pemkot Metro untuk mendukung NZE 2060. Ini adalah langkah yang inspiratif bagi instansi lainnya dalam mengadopsi energi ramah lingkungan,” ungkap Sugeng.

Baca Juga:  Polda Lampung Tegur Ratusan Pemudik Melanggar Lalu Lintas Selama Operasi Ketupat, Satu Orang Ditilang

Sugeng juga menjelaskan bahwa REC PLN adalah layanan yang mendukung transparansi dan akuntabilitas penggunaan EBT, diakui secara internasional.

“Kami berharap sinergi ini tidak hanya berhenti di sini, tetapi juga mendorong lebih banyak inovasi dalam pengurangan emisi karbon. PLN akan terus mendukung upaya tersebut untuk menciptakan lingkungan yang lebih ramah,” tutup Sugeng Widodo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *