BERITA

Pemkab Tanggamus Bersiap Sambut Iduladha dengan Ribuan Hewan Kurban

75
×

Pemkab Tanggamus Bersiap Sambut Iduladha dengan Ribuan Hewan Kurban

Sebarkan artikel ini
Pemkab Tanggamus Siapkan Ribuan Hewan Kurban Jelang Iduladha
Pemkab Tanggamus Siapkan Ribuan Hewan Kurban Jelang Iduladha

Media90 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan telah menyiapkan hewan kurban menjelang perayaan Iduladha tahun 2024.

Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanggamus, Ari Priyanto, menyatakan bahwa pihaknya memiliki stok kambing dan sapi yang melimpah untuk kebutuhan kurban.

Menurutnya, Tanggamus bahkan mampu mengirimkan hewan ternak untuk kurban hingga ke luar daerah, seperti Bandar Lampung dan Pulau Jawa.

“Kalau stok 203 ribu, kalau kita ambil 10 persen untuk kurban itu 23 ribu untuk kurban kambing. Dan untuk sapi sekitar 1.000 sapi,” katanya, Jumat, 7 Juni 2024.

Ia menjelaskan bahwa Tanggamus dapat melakukan ekspor ke luar daerah karena daerah tersebut bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternaknya.

Baca Juga:  Kenali Helm Asli dan Tiruan: Tips Membedakan Helm Replika yang Berbahaya

“Bisa dijualbelikan karena Tanggamus daerah bebas PMK dan bisa mengeluarkan hewan ternak ke luar daerah,” terangnya.

Lebih lanjut, hingga saat ini pihaknya sudah melakukan vaksinasi PMK kepada sapi di wilayahnya menjelang Idul Adha. “Kalau sapi 90 persen sudah kami vaksinasi PMK,” ujarnya.

Ari Priyanto menjamin bahwa hewan ternak yang beredar di wilayah luar Tanggamus terjamin kesehatan dan kualitasnya.

Dengan persiapan yang matang dan stok yang mencukupi, Pemkab Tanggamus siap memenuhi kebutuhan hewan kurban bagi masyarakat tidak hanya di wilayahnya sendiri tetapi juga di luar daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *