BERITANASIONAL

Pemilu 2024: Rekor Terpecahkan! Bandar Lampung Catat Jumlah Daftar Pemilih Tetap sebanyak 790.125 Jiwa

206
×

Pemilu 2024: Rekor Terpecahkan! Bandar Lampung Catat Jumlah Daftar Pemilih Tetap sebanyak 790.125 Jiwa

Sebarkan artikel ini
Pemilu 2024 Rekor Terpecahkan! Bandar Lampung Catat Jumlah Daftar Pemilih Tetap sebanyak 790.125 Jiwa
Pemilu 2024 Rekor Terpecahkan! Bandar Lampung Catat Jumlah Daftar Pemilih Tetap sebanyak 790.125 Jiwa

Media90 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandar Lampung telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum tahun 2024 di Bandar Lampung, mencapai angka yang mengesankan, yaitu 790.125 jiwa.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat pleno terbuka yang dilakukan di Hotel Swisbell Bandar Lampung pada Rabu (21/6/2023), setelah proses rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

Dalam pengumumannya, Ketua KPU Bandar Lampung, Dedy Triyadi, menjelaskan bahwa angka DPT ini masih bersifat dinamis, karena belum ada peraturan terbaru mengenai Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP).

“Kami akan terus memantau perkembangannya, mengingat DPT ini ditetapkan pada 21 Juni 2023, sedangkan pemungutan suara baru akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024,” ungkap Dedy Triyadi.

Dalam rentang waktu empat bulan yang tersisa, Dedy Triyadi menyoroti kemungkinan adanya data yang tidak memenuhi syarat (TMS), pemilih baru, dan hal-hal lain yang dapat memengaruhi jumlah DPT.

Menurutnya, tugas utama saat ini adalah menangani pemilih potensial non E-KTP yang telah masuk dalam DPT, tetapi belum melakukan perekaman data.

Tugas ini akan menjadi tanggung jawab para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertanggung jawab dalam mengkoordinir hal tersebut.

Setelah rapat pleno PPK pada tanggal 5 Juni 2023, terdapat perubahan data dan rekomendasi dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), termasuk data ganda dan data yang tidak valid.

KPU Bandar Lampung telah melakukan perbaikan terhadap data tersebut untuk memastikan keakuratan dan keabsahan DPT.

Pemilu 2024 di Bandar Lampung menjadi momentum penting bagi masyarakat dalam menentukan wakil-wakilnya di tingkat nasional maupun daerah.

Dengan jumlah DPT yang mencapai 790.125 jiwa, KPU Bandar Lampung akan terus melakukan pemantauan dan koordinasi agar pemilu berjalan dengan baik dan demokratis.

Masyarakat diharapkan untuk ikut serta dalam proses ini dengan menggunakan hak pilih mereka secara bijaksana, sehingga keputusan yang dihasilkan mewakili kehendak dan kepentingan seluruh rakyat Bandar Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *