BERITA

Pemantauan Bahan Pokok oleh Bareskrim Polri: Analisis Ketersediaan Pasokan Pasar Bandar Lampung Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru

37
×

Pemantauan Bahan Pokok oleh Bareskrim Polri: Analisis Ketersediaan Pasokan Pasar Bandar Lampung Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru

Sebarkan artikel ini
Sidak Bahan Pokok, Bareskrim Polri Soroti Stok Permintaan di Pasar Bandar Lampung Jelang Nataru
Sidak Bahan Pokok, Bareskrim Polri Soroti Stok Permintaan di Pasar Bandar Lampung Jelang Nataru

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam mengantisipasi peringatan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Tim Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Mabes Polri gencar melakukan pemeriksaan dan pemantauan terhadap harga serta stok bahan pokok di beberapa wilayah Lampung.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai dari Rabu hingga Kamis (13-14/12/2023).

Tim yang dikomandoi oleh Kombes Joko Purnomo memfokuskan pemantauan di Pasar Gintung, Pasar Tugu, dan Pasar Koga di wilayah Bandar Lampung.

Tujuan utamanya adalah untuk memastikan ketersediaan stok dan menjaga stabilitas harga bahan pokok serta barang penting menjelang perayaan Nataru.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik, menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan bahan pokok ini dilakukan sebagai langkah proaktif dalam menghadapi lonjakan permintaan pasar yang diperkirakan akan meningkat selama musim liburan.

“Tim Bareskrim Ditipideksus memonitoring terkait harga terendah, harga tertinggi, dan harga eceran tertinggi (HET) untuk dilakukan pendataan harga dari distributor sampai dengan ke konsumen di pasar,” ujar Kombes Umi Fadillah Astutik dalam keterangannya pada Jumat (15/12/2023).

Dari hasil pemantauan harga di pasar tradisional, terungkap bahwa terjadi kenaikan harga, terutama pada komoditas cabai, sebagai dampak dari gagal panen akibat fenomena El Nino.

Kondisi ini menyebabkan lonjakan harga dan ketidakseimbangan antara pasokan dan permintaan.

Kombes Umi Fadillah Astutik menambahkan, “Untuk jumlah stok masing-masing komoditas, berdasarkan informasi Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, jumlah stok relatif aman sampai dengan akhir Desember 2023, dan harga relatif stabil.”

Berdasarkan data tersebut, Tim Dittipideksus Polri memprediksi bahwa jumlah permintaan konsumen di pasar dapat meningkat dua kali lipat menjelang Nataru.

Oleh karena itu, tim akan terus melakukan pemantauan berkala terhadap bahan pokok di Lampung untuk menjaga stabilitas pasar dan ketersediaan stok yang memadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *