BERITA

Patung Bung Karno di Bandung: Tinggi 22,3 Meter dan Menghabiskan Anggaran Rp14,5 Miliar, Mencetak Rekor Tertinggi di Dunia!

157
×

Patung Bung Karno di Bandung: Tinggi 22,3 Meter dan Menghabiskan Anggaran Rp14,5 Miliar, Mencetak Rekor Tertinggi di Dunia!

Sebarkan artikel ini
Patung Bung Karno di Bandung Tinggi 22,3 Meter dan Menghabiskan Anggaran Rp14,5 Miliar, Mencetak Rekor Tertinggi di Dunia!
Patung Bung Karno di Bandung Tinggi 22,3 Meter dan Menghabiskan Anggaran Rp14,5 Miliar, Mencetak Rekor Tertinggi di Dunia!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kota Bandung, Jawa Barat, bersiap menyambut kehadiran patung Bung Karno yang akan menjadi yang tertinggi di dunia.

Pembangunan Monumen Bung Karno ini dipandang sebagai penghormatan terhadap sejarah khusus yang dimiliki oleh Kota Bandung, yang berkaitan erat dengan Sang Proklamator RI.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, sebagai penasihat pembangunan monumen tersebut, mengungkapkan pandangan bahwa pemikiran Bung Karno meluas dari pandangan sosial ke pandangan nasional dan global, yang seharusnya diwujudkan oleh pemuda-pemuda Indonesia, terutama di Kota Bandung.

Dalam acara groundbreaking Monumen Plaza Dr. (H.C.) Ir. H. Soekarno di GOR dan Taman Saparua, Bandung pada hari Rabu (28/6/2023), Ketua Yayasan Putra Nasional Indonesia, Pamriadi, menjelaskan bahwa pembangunan patung ini dilakukan secara gotong royong tanpa menggunakan anggaran negara atau daerah.

Patung Bung Karno yang akan berdiri di GOR dan Taman Saparua nantinya akan menjadi patung tertinggi di dunia.

“Patung Bung Karno setinggi 22,3 meter ini, insya Allah tidak dibiayai APBN dan APBD, tetapi mendapatkan dukungan dari para donatur yang sangat mencintai Bung Karno dan perjuangannya,” ujar Pamriadi.

Anggaran pembangunan Patung Bung Karno ini mencapai Rp14,5 miliar.

Ide pembangunan monumen ini berasal dari seorang akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Pembangunan Monumen Plaza ini akan dimulai pada awal Juli dengan tahap pertama yaitu penataan taman Plaza Bung Karno,” tambah Pamriadi.

Pamriadi juga menjelaskan bahwa patung ini akan dibuat oleh pematung yang sudah sering menciptakan Patung Bung Karno, yaitu Dunadi, yang berasal dari Yogyakarta.

“Saat ini, proses pembuatan patung sedang berlangsung di Yogyakarta.

Insya Allah, Monumen Plaza Bung Karno di Bandung ini akan menjadi monumen tertinggi di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Monumen ini akan menjadi ikon baru bagi Jawa Barat,” ungkapnya.

Acara groundbreaking ini dihadiri oleh sejumlah tokoh, antara lain Penasihat Pembangunan sekaligus Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono beserta Sekretarisnya Ketut Sustiawan, Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari, Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan Chova.

Turut hadir pula sejumlah tokoh masyarakat, antara lain Pak Tito yang merupakan putra Inggit Garnasih, Kapolda Jawa Barat Irjen Akhmad Wiyagus, Ketua Yayasan Fatmawati Erros Djarot, dan mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Patung Bung Karno yang akan dibangun di Kota Bandung diharapkan akan menjadi simbol kebanggaan dan pengingat akan perjuangan dan kontribusi Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dengan tinggi yang mencapai 22,3 meter, patung ini akan menjadi daya tarik wisata baru dan ikon penting bagi kota tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *