BERITA

Padamnya Listrik di Lampung dan 3 Provinsi di Sumatra: Penyebabnya Terungkap

102
×

Padamnya Listrik di Lampung dan 3 Provinsi di Sumatra: Penyebabnya Terungkap

Sebarkan artikel ini
Listrik di Lampung dan 3 Provinsi di Sumatra Padam, ini Penyebabnya
Listrik di Lampung dan 3 Provinsi di Sumatra Padam, ini Penyebabnya

Media90 – Aliran listrik di empat provinsi di Sumatra terputus sejak sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa, 4 Juni 2024. Pemadaman tersebut melanda Lampung, Sumatra Selatan, Jambi, dan Bengkulu.

Berdasarkan informasi dari Unit Induk Distribusi (UID) Lampung, pemadaman listrik disebabkan oleh gangguan transmisi pada saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 275 kilovolt (kV) Lubuk Linggau-Lahat. Gangguan ini berdampak langsung pada sistem kelistrikan di Lampung.

“Pelanggan PLN yang terhormat, sehubungan dengan gangguan transmisi SUTT 275 kilovolt (kV) Lubuk Linggau-Lahat. Sehingga, berdampak pada sistem kelistrikan di wilayah kerja provinsi Lampung,” demikian tulisan dari informasi yang dikeluarkan oleh UID Lampung.

Petugas PLN di lapangan sedang berusaha melakukan penormalan kembali aliran listrik. “PLN menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para pelanggan,” tambah informasi tersebut.

Baca Juga:  Tindakan Cepat Menyediakan Energi Listrik Bersih: Menteri BUMN Mengapresiasi PLN

Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UID Lampung, Darma Saputra, menyatakan bahwa gangguan transmisi SUTT juga mempengaruhi jaringan kelistrikan di empat provinsi lainnya. “Padam di Lampung, Sumatra Selatan, Jambi, dan Bengkulu,” ujar Darma.

Petugas masih mencari tahu penyebab pastinya karena lokasi transmisi tersebut berada di daerah pegunungan. Oleh karena itu, belum dapat dipastikan kapan pemadaman tersebut akan berakhir.

Meskipun demikian, petugas terus berusaha melakukan penanganan dan perbaikan terhadap gangguan transmisi agar aliran listrik bisa kembali normal.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menangani gangguan ini,” kata Darma.

Ia juga mengimbau masyarakat agar memaklumi gangguan tersebut. Saat ini, petugas PLN setempat sedang melakukan upaya perbaikan. “Masyarakat dimohon bersabar karena kami masih dalam proses perbaikan,” tambahnya.

Sementara itu, seorang warga di Prabumulih, Sumatra Selatan, yang bernama Nisa, mengatakan bahwa listrik di kantornya padam sejak pukul 11.00 WIB.

Baca Juga:  Semarak Semangat Kemerdekaan: Pemprov Lampung dan PMI Mengadakan Kegiatan Siger Donor Darah untuk Memperingati HUT RI ke-78

Pemadaman tersebut mengganggu aktivitas bekerja. “Sepertinya, listrik padam di seluruh wilayah, bahkan se-Sumbagsel pemadamannya,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *