BERITA

Optimisme Pemudik: Pelabuhan Panjang, Pilihan Unggul Penyeberangan Motor dari Ciwandan Banten

32
×

Optimisme Pemudik: Pelabuhan Panjang, Pilihan Unggul Penyeberangan Motor dari Ciwandan Banten

Sebarkan artikel ini
Mudik Lebaran, Pelabuhan Panjang Tetap Jadi Alternatif Penyeberangan Pemotor dari Ciwandan Banten
Mudik Lebaran, Pelabuhan Panjang Tetap Jadi Alternatif Penyeberangan Pemotor dari Ciwandan Banten

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pelabuhan Panjang, yang terletak di Bandar Lampung, dipastikan akan tetap menjadi opsi utama bagi pemudik pada musim mudik Lebaran tahun 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo, menyatakan bahwa keputusan ini diambil untuk memperlancar arus mudik selama periode Lebaran.

“Pelabuhan Panjang bisa menjadi alternatif bagi pengguna sepeda motor dari Pelabuhan Ciwandan di Cilegon pada mudik Lebaran 2024 ini dilakukan untuk memperlancar arus mudik,” ujar Bambang Sumbogo pada hari Selasa, tanggal 26 Maret 2024.

Menurut Bambang, koordinasi terus dilakukan dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terkait penggunaan Pelabuhan Panjang sebagai jalur penyeberangan mudik.

“Adanya Pelabuhan Panjang ini dapat membantu masyarakat karena memiliki jarak tempuh yang lebih singkat daripada di Pelabuhan Bakauheni,” tambahnya.

Bambang menjelaskan bahwa jarak yang lebih pendek antara Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Panjang, serta kedekatan dengan pusat Kota Bandar Lampung, membuatnya menjadi pilihan yang aman bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

“Pelayanan di Pelabuhan Panjang ini bisa digunakan supaya tidak terfokus di Pelabuhan Bakauheni, terlebih lagi kalau pemudik motor banyak aspek yang harus diperhatikan seperti keselamatan dan kemacetan,” paparnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa kapal Pelni saat ini belum dapat memberikan pelayanan di Pelabuhan Panjang, namun ada opsi untuk menggunakan kapal kecil milik ASDP yang belum dimanfaatkan.

“Kita sudah melakukan gelar operasi di posko KSOP untuk persiapan. Berdasarkan informasi awal dari Pelabuhan Ciwandan-Pelabuhan Panjang tidak bisa pakai kapal Pelni akan menggunakan kapal kecil milik ASDP yang tidak dipakai. Sedangkan untuk jumlah kapal yang akan digunakan akan dirapatkan kembali,” tambahnya.

Bambang menekankan bahwa dengan optimalisasi semua dermaga di Pelabuhan Bakauheni, serta penambahan kapasitas dengan memanfaatkan Pelabuhan Indah Kiat, Pelabuhan BBJ Bojanegara, dan Pelabuhan Ciwandan, maka pelayanan terhadap pemudik akan meningkat secara signifikan.

“Untuk skema pembelian tiket masih dikoordinasikan kembali, tapi diharapkan bisa ada subsidi seperti tahun sebelumnya,” katanya, seperti yang dikutip dari Antara.

Dengan keputusan ini, diharapkan proses mudik Lebaran tahun 2024 akan berlangsung lebih lancar dan nyaman bagi seluruh pemudik, khususnya bagi mereka yang menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi utama.

Pelabuhan Panjang menjadi pilihan yang strategis untuk memastikan mobilitas masyarakat tetap terjaga selama periode mudik ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *