BERITA

Optimalkan Potensi Wisata Desa: Bupati Lampung Selatan Dorong Musrenbang 2024 di Rajabasa

37
×

Optimalkan Potensi Wisata Desa: Bupati Lampung Selatan Dorong Musrenbang 2024 di Rajabasa

Sebarkan artikel ini
Musrenbang 2024 di Rajabasa, Bupati Lampung Selatan Minta SDM Desa Kelola Potensi Wisata
Musrenbang 2024 di Rajabasa, Bupati Lampung Selatan Minta SDM Desa Kelola Potensi Wisata

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, turut serta dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rajabasa tahun 2024 yang diresmikan di Lapangan SMPN 1 Rajabasa pada Senin (29/1/2024).

Camat Rajabasa, Sabtudin, memberikan gambaran tentang kecamatan ini yang memiliki luas mencapai 100,39 km persegi dengan populasi sebanyak 26.061 jiwa dan 7.217 kepala keluarga.

Sabtudin juga menjelaskan karakter geologis Rajabasa, yang mencakup daerah daratan, laut, dan kepulauan.

Kecamatan ini terkenal sebagai daerah pembenuran udang vaname dan memiliki potensi perikanan laut yang cukup signifikan.

Bupati Nanang Ermanto dalam sambutannya menekankan pentingnya membangun ekonomi di Lampung Selatan seiring dengan peningkatan indeks pembangunan dan sumber daya manusia (SDM).

“Saya tidak ingin melihat lagi anak-anak putus sekolah di desa. Potensi yang ada harus dikelola dengan baik oleh masyarakat sendiri untuk membentuk generasi yang tangguh,” tegas Nanang.

Beliau juga menyoroti potensi wisata di Kecamatan Rajabasa yang bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

“Dengan pengelolaan yang baik, tempat wisata di desa dapat menciptakan perputaran ekonomi yang signifikan,” tambahnya.

Nanang menegaskan pentingnya melibatkan masyarakat setempat dalam pengelolaan potensi wisata untuk memastikan keberlanjutan dan partisipasi aktif dari mereka.

Dalam konteks ini, Bupati menyampaikan harapannya agar desa-desa di Kecamatan Rajabasa dapat memanfaatkan potensi wisata dengan optimal.

“Jika tempat wisata dikelola dengan baik, kita akan menarik wisatawan dari luar daerah, yang pada gilirannya akan membawa dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” ujar Nanang.

Bupati juga menyoroti pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk wisatawan.

“Keberhasilan pengelolaan potensi wisata tidak hanya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, tetapi juga akan menciptakan citra positif Lampung Selatan sebagai tujuan wisata yang menarik,” tandas Nanang Ermanto.

Dengan Musrenbang ini, diharapkan tercipta sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam merencanakan pembangunan yang berkelanjutan, mengoptimalkan potensi lokal, dan memastikan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Rajabasa.