BERITA

Optimalkan Perjalanan Liburan: Tips Ampuh Mengatasi Antrean di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Selama Musim Nataru

42
×

Optimalkan Perjalanan Liburan: Tips Ampuh Mengatasi Antrean di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Selama Musim Nataru

Sebarkan artikel ini
Simak, Begini Strategi Atasi Antrean Kendaraan di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Selama Libur Nataru
Simak, Begini Strategi Atasi Antrean Kendaraan di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Selama Libur Nataru

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT Bakauheni Terbanggi Besar (BPB) Toll telah merancang sejumlah strategi efektif guna mengatasi kemacetan yang mungkin terjadi di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Tol Bakter) selama musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

I Wayan Mandia, Direktur Utama PT BTB Toll, menjelaskan bahwa langkah strategis yang diambil bertujuan untuk memastikan kelancaran perjalanan para pengguna jalan.

Salah satu inisiatif utama yang diambil oleh PT BTB Toll adalah penempatan alat mobile reader di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Kotabaru, dan Terbanggi Besar.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk mempercepat proses transaksi di gerbang tol, sehingga mengurangi waktu tunggu di antrean kendaraan.

“Penting bagi kami untuk memastikan pengalaman perjalanan yang nyaman bagi semua pengguna jalan. Oleh karena itu, kami menyiapkan alat mobile reader untuk meningkatkan efisiensi di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Kotabaru, dan Terbanggi Besar,” kata Wayan Mandia pada Jumat (15/12/2023).

Selain itu, PT BTB Toll juga telah menetapkan Rest Area 20 B sebagai zona buffer, bertujuan sebagai sistem penundaan ketika terjadi antrean kendaraan yang menuju Pelabuhan Bakauheni.

Upaya ini diharapkan dapat membantu mengelola dan mengurangi dampak antrean yang mungkin terjadi selama masa libur.

Peningkatan pelayanan juga menjadi fokus utama PT BTB Toll, terutama di tempat istirahat (rest area).

Mereka telah meningkatkan kebersihan fasilitas seperti tempat makan dan mandi cuci kakus (MCK), serta memastikan ketersediaan air bersih dan keamanan.

Kolaborasi dengan Pertamina Retail untuk penambahan SPBU modular di Rest Area 20 B dan 49 B juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan selama libur Natal dan Tahun Baru.

“Kami memahami pentingnya fasilitas yang bersih dan aman di tempat istirahat. Oleh karena itu, kami berupaya maksimal untuk meningkatkan kualitas pelayanan di setiap rest area,” tambah Mandia.

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran lalu lintas, PT BTB Toll menyiagakan 200 personel Layanan Jalan Tol (LJT), termasuk petugas patroli, petugas towing, dan derek.

Mereka juga menyiapkan petugas pertolongan dan ambulance sebagai respons cepat terhadap situasi darurat di sepanjang ruas tol.

Riadiano Muhammad, Project Manager Ruas Tol Bakter, menegaskan bahwa proyek pemeliharaan dan perbaikan minor di jalan tol telah berjalan sesuai rencana dan dijadwalkan akan selesai pada tanggal 20 Desember 2023.

“Perbaikan jalan di beberapa titik akan rampung sepenuhnya atau tanpa lubang pada tanggal tersebut, sebelum momen libur Nataru. Ini mencakup perbaikan pada main road serta bahu jalan,” ungkapnya.

Sebagai langkah tambahan untuk keamanan, PT BTB Toll telah memasang 289 unit CCTV di sepanjang Tol Bakter, yang dipantau selama 24 jam.

Kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, pemprov atau pemda, serta pihak terkait lainnya, juga menjadi fokus PT BTB Toll untuk memastikan penyelenggaraan libur Nataru berjalan dengan lancar.

Dengan serangkaian strategi ini, PT Bakauheni Terbanggi Besar Toll berkomitmen untuk memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan efisien bagi semua pengguna jalan selama musim libur Natal dan Tahun Baru.