BERITA

Optimalkan Pemanfaatan Sumber Literatur Digital melalui Workshop oleh UPT Perpustakaan Unila

130
×

Optimalkan Pemanfaatan Sumber Literatur Digital melalui Workshop oleh UPT Perpustakaan Unila

Sebarkan artikel ini
Lewat Workshop, UPT Perpustakaan Unila Maksimalkan Pemanfaatan Sumber Literatur Digital
Lewat Workshop, UPT Perpustakaan Unila Maksimalkan Pemanfaatan Sumber Literatur Digital

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – UPT Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) mengadakan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan sumber literatur digital, khususnya Westlaw dan ScienceDirect.

Acara ini diadakan di Ruang Auditorium Prof. Abdul Kadir Muhammad, Gedung A Fakultas Hukum Unila, pada Kamis (11/1/2024).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka mensosialisasikan keberadaan sumber literatur digital yang dapat dimanfaatkan oleh para dosen dan mahasiswa Unila, terutama dalam konteks jurnal di bidang hukum, dengan fokus pada pemanfaatan Westlaw di Fakultas Hukum Unila.

Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., Ph.D., Eng, selaku Kepala Perpustakaan Unila, menyampaikan bahwa banyak dosen dan mahasiswa belum sepenuhnya menyadari potensi sumber literatur yang dapat digunakan dalam kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian.

“Meskipun sumber literatur tersebut sudah lama kami miliki, baru-baru ini kami berlangganan Westlaw, yang tentunya sangat bermanfaat bagi dosen, peneliti, dan mahasiswa S3 di fakultas hukum,” ujar Khairudin.

Perpustakaan Unila menawarkan dua jenis layanan utama, yaitu koleksi tercetak dan digital. Layanan koleksi tercetak dapat diakses melalui ruang sirkulasi dan ruang cadangan, serta katalog online opac.unila.ac.id.

Sementara itu, layanan koleksi digital mencakup Digital Library (Digilib) Unila, Kubuku, BoJoPro (e-Book, e-Journal & e-Proceeding), dan yang terbaru, ScienceDirect.

ScienceDirect menyediakan tiga koleksi utama, yaitu engineering, social science agriculture, dan Westlaw di bidang hukum.

“Harapannya, resource yang kami miliki dapat memberikan manfaat maksimal dalam kegiatan sehari-hari, seperti pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Semua ini diharapkan dapat berkontribusi pada pencapaian indeks utama universitas,” tambah Khairudin.

Agenda workshop mencakup penyampaian materi tentang cara mengakses dan menggunakan jurnal Westlaw.

Materi disampaikan oleh Farhan Avicenna dari PT Ina Publikatama, Exclusive Channel Partner for Westlaw Classic.

Dengan workshop ini, diharapkan para peserta dapat memaksimalkan potensi literatur digital yang tersedia untuk mendukung kegiatan akademik dan penelitian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *