BERITA

Optimalkan Efisiensi Bahan Bakar dengan Eco Riding Indicator: Panduan Lengkap dari Astra Motor Natar

228
×

Optimalkan Efisiensi Bahan Bakar dengan Eco Riding Indicator: Panduan Lengkap dari Astra Motor Natar

Sebarkan artikel ini
Ingin Berkendara Hemat BBM, Gunakan Teknik Eco Riding Indikator, ini Penjelasan Astra Motor Natar
Ingin Berkendara Hemat BBM, Gunakan Teknik Eco Riding Indikator, ini Penjelasan Astra Motor Natar

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam menghadapi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan meningkatnya biaya hidup, para pengendara sepeda motor perlu mengambil langkah-langkah penghematan.

Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan teknik berkendara eco riding, yang tidak hanya membantu mengurangi konsumsi BBM tetapi juga memberikan dampak positif pada lingkungan.

Eco riding merupakan suatu cara berkendara yang bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan bahan bakar secara efisien.

Selain mengurangi biaya operasional kendaraan, teknik ini juga berkontribusi pada pengurangan emisi gas buang, membantu menjaga lingkungan hidup.

Keunikan dari teknik ini terletak pada kombinasi antara keahlian berkendara defensif dan penggunaan fitur eco riding indikator yang kini tersedia pada sebagian besar sepeda motor.

Baca Juga:  Kebajikan Lebaran: Pemkab Lampung Selatan Bagikan 39 Sapi dan Dua Kambing kepada Masyarakat

Defensif riding, yang menitikberatkan pada keselamatan dan pemikiran jauh ke depan, menjadi inti dari teknik eco riding.

Pengendara sepeda motor dapat memanfaatkan fitur eco riding indikator pada panel meter untuk membantu mengontrol penggunaan bahan bakar.

Langkah-langkah sederhana seperti memulai perjalanan dengan akselerasi yang lembut, menjaga kecepatan konstan, dan memperhatikan lampu eco riding indikator dapat memberikan hasil yang signifikan dalam penghematan BBM.

Selain pemanfaatan fitur eco riding indikator, pengendara juga disarankan untuk melakukan servis secara berkala dan mengganti oli mesin sepeda motor secara rutin.

Hal ini akan menjaga kondisi prima sepeda motor, memastikan performa mesin tetap optimal, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Baca Juga:  Perkembangan Potensi Ternak Tanjung Sari: Bupati Nanang Dorong Skala Nasional Melalui Musrenbang

Perlu dihindari pula modifikasi berlebihan pada sepeda motor, seperti mengganti ukuran ban atau knalpot tanpa memperhatikan batas toleransi.

Modifikasi yang tidak tepat dapat meningkatkan beban kerja mesin dan berdampak pada konsumsi BBM yang lebih tinggi.

Selalu prioritaskan keselamatan berkendara dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai, serta tetap waspada dan konsentrasi saat berkendara.

Lakukan servis sepeda motor secara berkala sesuai jadwal perawatan untuk menjaga performa optimal dan manfaatkan layanan kunjung atau booking servis agar dapat menghindari antrean.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengendara sepeda motor dapat menghemat BBM, merawat lingkungan, dan tetap menikmati pengalaman berkendara dengan efisien dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *