BERITA

Optimalisasi Manajemen Risiko dalam Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri oleh SPI Unila

59
×

Optimalisasi Manajemen Risiko dalam Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri oleh SPI Unila

Sebarkan artikel ini
SPI Unila Bimtek Manajemen Risiko Dalam Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri
SPI Unila Bimtek Manajemen Risiko Dalam Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri

Media90 – Satuan Pengendalian Internal (SPI) Universitas Lampung (Unila) baru-baru ini mengadakan pelatihan intensif tentang manajemen risiko dalam proses bisnis perguruan tinggi negeri (PTN).

Acara ini berlangsung di Hotel Golden Tulip Springhill, Bandar Lampung, pada Selasa, 25 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng, Rektor Unila, menyatakan apresiasi terhadap kegiatan tersebut sebagai langkah penting dalam meningkatkan kualitas tata kelola di lingkungan perguruan tinggi.

Fokus utama adalah pada pengembangan kepemimpinan dan manajemen risiko sebagai bagian integral dari strategi peningkatan kualitas dan efisiensi operasional Unila.

Prof. Lusmeilia Afriani menekankan pentingnya kepatuhan terhadap perundangan dalam menjalankan proses bisnis di Unila serta perlunya mitigasi risiko sejak dini untuk meminimalkan potensi gangguan terhadap visi, misi, tujuan, dan sasaran institusi.

Baca Juga:  Rektor Unila Resmi Menyematkan Gelar Insinyur kepada 117 Anggota PSPPI Angkatan X

Pelatihan ini turut menyoroti pentingnya komitmen dan kepemimpinan yang kuat dalam penerapan manajemen risiko.

Koordinasi yang intensif antar berbagai pihak di lingkungan Unila juga menjadi kunci keberhasilan implementasi manajemen risiko yang efektif.

Acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi, dimulai dengan Best Practice dari Universitas Negeri Padang yang mengulas implementasi kewenangan dan koordinasi antar pemimpin dalam konteks bisnis perguruan tinggi. Materi ini disampaikan oleh Prof. Ir. Syahril, M.Se., Ph.D.

Sesi kedua membahas tentang budaya sadar risiko dan berbagai jenis risiko yang mungkin dihadapi di lingkungan perguruan tinggi, disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Lampung, Nani Ulina Kartika Nasution, S.E., M.Ak., CRMP., CRGP., CGAE., CIAE.

Materi ketiga membahas praktik penganggaran berbasis risiko yang dipimpin oleh Prof. Dr. Marselina, S.E., M.P.M., PIA., CRP, dengan menyoroti langkah-langkah penting dalam pengendalian risiko di kategori strategis, operasional, keuangan, kepatuhan, dan kecurangan.

Baca Juga:  Kesempatan Emas! Lowongan CPNS September 2023: 1.030.751 ASN Dibutuhkan! Peluang Terbuka untuk Fresh Graduate (20%) - Detailnya Ada di Sini!

Terakhir, Trio Santoso, S. Hut., M. Sc. CRP., CPE., dan Rialdi Azhar S.E., M.S.A., Ak., CA., CRP., memaparkan sistem manajemen risiko yang diterapkan di Unila, yang diharapkan dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang konsep dasar manajemen risiko dan implementasinya di lingkungan akademik.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila, Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si., para dekan, ketua lembaga, kepala UPT, koordinator bagian dan subkoordinator, serta staf di lingkungan Unila.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman semua pihak terkait tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing serta memperkuat implementasi manajemen risiko yang efektif dan efisien dalam menjalankan operasional di Unila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *