BERITA

Operasi Sukses: Polisi Cegah Penyelundupan Ratusan Burung Dilindungi dari Way Kanan Menuju Tol Terbanggi Besar

205
×

Operasi Sukses: Polisi Cegah Penyelundupan Ratusan Burung Dilindungi dari Way Kanan Menuju Tol Terbanggi Besar

Sebarkan artikel ini
Dikirim ke Jakarta, Polisi Gagalkan Penyelundupan Ratusan Burung Dilindungi Asal Way Kanan di Tol Terbanggi Besar
Dikirim ke Jakarta, Polisi Gagalkan Penyelundupan Ratusan Burung Dilindungi Asal Way Kanan di Tol Terbanggi Besar

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Tim dari Jajaran Polsek Terbanggi Besar, Lampung Tengah, telah menggagalkan upaya penyelundupan ratusan ekor burung dilindungi di Jalan Tol Trans Sumatera, khususnya di Tol Terbanggi Besar pada malam Sabtu, 12 Agustus 2023.

Kapolsek Terbanggi Besar, AKP Edy Qorinas, menjelaskan bahwa ratusan burung dari berbagai jenis yang berasal dari Way Kanan, direncanakan akan dikirimkan secara ilegal ke wilayah Jakarta.

Aksi penyelundupan ini berhasil terdeteksi saat tim sedang melaksanakan patroli cipta kondisi di sekitar Jalan Tol Terbanggi Besar.

“Saat kegiatan patroli cipta kondisi, tim kami melihat adanya satu unit mobil yang melintas dengan muatan yang mencurigakan di bak belakang mobil tersebut. Tanpa ragu, kami menghentikan mobil tersebut dan menemukan beberapa box berisikan burung di dalamnya,” ungkap AKP Edi Qorinas dalam keterangannya pada Senin, 14 Agustus 2023.

Selama pemeriksaan, tim polisi mengajukan pertanyaan mengenai kelengkapan dokumen untuk burung-burung tersebut.

Namun, sopir mobil tersebut tidak dapat menunjukkan dokumen yang sah untuk hewan-hewan jenis unggas yang diangkutnya.

“Dalam pemeriksaan, kami menemukan lima kotak berisi berbagai jenis burung, termasuk perenjak, burung serigunting, burung pleci kaca mata, cucak ijo, dan beberapa jenis lainnya. Tanpa menunggu lama, burung-burung ini kami serahkan kepada BKSDA Provinsi Lampung,” jelas Edi Qorinas.

Kegiatan penyelundupan hewan dilindungi ini menjadi perhatian serius bagi penegak hukum dan instansi terkait dalam menjaga keanekaragaman hayati dan perlindungan terhadap burung-burung yang masuk dalam kategori dilindungi.

Upaya seperti yang dilakukan oleh Polsek Terbanggi Besar adalah langkah penting dalam menjaga kelestarian satwa liar yang menjadi bagian penting dari ekosistem.

Diharapkan, tindakan tegas ini dapat mencegah aksi penyelundupan serupa di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *