BERITA

Operasi Patuh Krakatau 2023: Ribuan Pelanggar Lalu Lintas Ditegur oleh Polres Mesuji, Tiga Ditilang

133
×

Operasi Patuh Krakatau 2023: Ribuan Pelanggar Lalu Lintas Ditegur oleh Polres Mesuji, Tiga Ditilang

Sebarkan artikel ini
Operasi Patuh Krakatau 2023 Ribuan Pelanggar Lalu Lintas Ditegur oleh Polres Mesuji, Tiga Ditilang
Operasi Patuh Krakatau 2023 Ribuan Pelanggar Lalu Lintas Ditegur oleh Polres Mesuji, Tiga Ditilang

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sejak pelaksanaan Operasi Patuh Krakatau 2023 oleh jajaran Satlantas Polres Mesuji, sebanyak 1.026 pengendara telah ditegur dan tiga di antaranya menerima tilang karena melanggar aturan lalu lintas.

Operasi ini telah berjalan selama 11 hari, dengan fokus pada kesadaran dan ketaatan para pengendara terhadap peraturan lalu lintas.

Menurut Kepala Satlantas Polres Mesuji, Iptu Asep Suhendi, dalam pelaksanaan operasi ini, para pengendara sepeda motor menjadi sasaran utama teguran karena banyak yang tidak mematuhi kewajiban menggunakan helm.

Sementara itu, pelanggaran yang sering ditemui pada pengendara kendaraan roda empat adalah ketidakpatuhan dalam menggunakan sabuk pengaman atau safety belt.

Iptu Asep Suhendi menjelaskan bahwa setiap Satuan Tugas (Satgas) yang terlibat dalam operasi memiliki peran dan tugas masing-masing.

Satgas II Preemtif bertanggung jawab untuk memberikan himbauan kepada para pengendara dan mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan.

Mereka juga aktif menyampaikan informasi keselamatan berkendara melalui leaflet, brosur, dan stiker himbauan kepada pengguna jalan, serta melakukan pemasangan banner dan baleho.

Satgas III Preventif, di sisi lain, memiliki tugas melaksanakan pengaturan, penjagaan lalu lintas, dan patroli rutin.

Mereka bertugas di lokasi rawan pelanggaran, kemacetan, dan kecelakaan untuk menjaga kelancaran dan ketertiban berlalu lintas.

Tugas Satgas IV Gakkum adalah memberikan teguran kepada pengendara sepeda motor, kendaraan roda empat, dan roda enam yang melanggar rambu-rambu lalu lintas dan undang-undang yang berlaku.

Sedangkan Satgas V Bagian Operasi bertanggung jawab dalam menyampaikan informasi terkait kegiatan operasi dan situasi lalu lintas.

Mereka juga melakukan kegiatan dokumentasi dan publikasi melalui kehumasan lainnya, memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi personel yang terlibat dalam operasi, dan menyediakan sarana prasarana untuk mendukung kelancaran pelaksanaan operasi serta memberikan bantuan teknis sesuai fungsinya.

Tujuan dari Operasi Patuh Krakatau 2023 adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai aturan berkendara dan selalu tertib dalam berlalu lintas.

Diharapkan dengan adanya operasi ini, angka kecelakaan di jalan dapat diminimalisir.

Polres Mesuji mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan melengkapi surat-surat kendaraan secara lengkap untuk menciptakan lingkungan berkendara yang lebih aman dan tertib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *