BERITA

Menuju Transformasi Pendidikan: Rencana Survei dan Jadwal Asesmen Nasional Berbasis Komputer untuk Sekolah Dasar, Menengah, dan Menengah Atas/Tinggi Tahun 2024

30
×

Menuju Transformasi Pendidikan: Rencana Survei dan Jadwal Asesmen Nasional Berbasis Komputer untuk Sekolah Dasar, Menengah, dan Menengah Atas/Tinggi Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Pengganti Ujian Nasional, ini Komponen Survei dan Jadwal Asesmen Nasional Berbasis Komputer SD, SMP, SMASMK 2024
Pengganti Ujian Nasional, ini Komponen Survei dan Jadwal Asesmen Nasional Berbasis Komputer SD, SMP, SMASMK 2024

Media90 – Ujian merupakan salah satu elemen penting dalam menilai pemahaman dan penguasaan materi yang telah diajarkan kepada para siswa.

Oleh karena itu, pengetahuan akan jadwal Ujian Nasional 2024 memiliki peranan yang sangat vital bagi kedua belah pihak, baik siswa maupun orang tua mereka.

Jadwal Ujian Nasional SD 2024

Sekarang, istilah Ujian Nasional telah berganti menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). ANBK ini akan diterapkan mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) dan kejuruan.

ANBK tidak hanya sekadar menguji pemahaman materi, melainkan juga mengevaluasi tiga hal penting, yaitu kemampuan dalam literasi dan numerasi, serta dilengkapi dengan survei karakter dan lingkungan belajar.

Estimasi Jadwal ANBK 2024

Berdasarkan data dalam Kalender Pendidikan 2023-2024 Dikdasmen, berikut adalah estimasi jadwal ANBK 2024:

  1. ANBK SMA/SMK: 18 Maret – 6 April 2024
  2. ANBK SMP/SD: 22 April – 18 Mei 2024

Mengetahui jadwal ini memungkinkan siswa untuk mempersiapkan diri dengan baik sejak dini. Last-minute studying tidak dianjurkan karena mempersiapkan diri secara terencana jauh lebih efektif.

Tipe Survei dalam ANBK

ANBK tidak hanya berfokus pada materi pelajaran, namun juga mengukur aspek-aspek lainnya yang penting dalam perkembangan peserta didik. Aspek-aspek tersebut antara lain:

  • Literasi dan Numerasi: Memahami aspek ini sangatlah penting, karena tidak hanya relevan dalam dunia pendidikan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan literasi dan numerasi merupakan pondasi utama untuk kesuksesan di masa depan.
  • Karakter dan Lingkungan Belajar: Selain kemampuan akademik, ANBK juga mengevaluasi karakter dan situasi lingkungan peserta didik. Ini penting untuk memetakan kemajuan sosial-emosional yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila, serta untuk menilai faktor-faktor pendukung pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah.

Dengan demikian, ANBK tidak hanya sekadar sebuah ujian, tetapi juga sebuah alat untuk mengukur keseluruhan perkembangan peserta didik.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam mengenai ANBK dan jadwalnya, siswa dan orang tua mereka dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Respon (1)

  1. I do not know if it’s just me or if everybody else experiencing issues with
    your blog. It seems like some of the text on your posts are running off the screen. Can somebody else please comment and let me
    know if this is happening to them as well? This may be
    a issue with my web browser because I’ve
    had this happen previously. Kudos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *