BERITA

Menuju Sukses UHC: Pemkot Bandar Lampung Catat Pendaftaran Peserta JKN-KIS 96,16 Persen

190
×

Menuju Sukses UHC: Pemkot Bandar Lampung Catat Pendaftaran Peserta JKN-KIS 96,16 Persen

Sebarkan artikel ini
Launching UHC, Pemkot Bandar Lampung Pastikan 96,16 Persen Penduduknya Terdaftar Peserta JKN-KIS
Launching UHC, Pemkot Bandar Lampung Pastikan 96,16 Persen Penduduknya Terdaftar Peserta JKN-KIS

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Senin, 21 Agustus 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung secara resmi meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC), sebuah sistem jaminan kesehatan untuk seluruh penduduknya.

Peluncuran ini berlangsung di Aula Semergou Pemkot Bandar Lampung dan dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Forkopimda Bandar Lampung, para Kepala Dinas/Badan/Bagian, camat, lurah, Direktur Rumah Sakit, dan Kepala Puskesmas di Bandar Lampung.

Universal Health Coverage (UHC) adalah sistem penjaminan kesehatan yang bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh penduduk atau minimal 95 persen dari total penduduk telah terdaftar sebagai peserta program jaminan kesehatan nasional (JKN) dan memiliki akses yang adil terhadap layanan kesehatan yang meliputi aspek promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, dengan biaya yang terjangkau.

Deputi Direksi Wilayah III BPJS Kesehatan, Yudi Bastia, mengungkapkan apresiasi yang tinggi terhadap Pemkot Bandar Lampung karena hingga bulan Agustus 2023, persentase capaian UHC telah mencapai 96,19 persen atau setara dengan 1.051.257 jiwa dari jumlah penduduk total Bandar Lampung yang mencapai 1.092.948 jiwa.

Dengan tercapainya angka UHC yang tinggi ini di Bandar Lampung, setiap warga kota tersebut mendapatkan akses penuh terhadap layanan kesehatan berkualitas tanpa adanya kendala finansial.

Hal ini mencakup layanan kesehatan kuratif, rehabilitatif, serta layanan promotif dan preventif yang efektif.

Yudi Bastia menyatakan, “Pencapaian ini merupakan bukti nyata dari komitmen Pemkot Bandar Lampung dalam melindungi kesehatan seluruh penduduknya. Kami berharap Pemkot Bandar Lampung akan terus mendukung dan meningkatkan jumlah kepesertaan JKN agar seluruh masyarakat mendapatkan perlindungan kesehatan yang baik.”

BPJS Kesehatan terus berupaya untuk memperluas cakupan kepesertaan melalui berbagai strategi, termasuk peningkatan akses pendaftaran secara digital untuk badan usaha, pemerintah daerah, dan masyarakat sektor informal, guna memberikan kemudahan dalam mendaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Partisipasi pemerintah daerah dalam mendaftarkan penduduk sebagai peserta JKN-KIS diharapkan dapat mendorong peningkatan cakupan kepesertaan di seluruh Indonesia dan mencapai tujuan UHC.

Selain itu, dukungan dari berbagai pihak, seperti badan usaha, badan hukum, filantropi perorangan, dan masyarakat umum, juga diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan cakupan kepesertaan dengan mendaftarkan penduduk sebagai peserta JKN PBPU Kelas III.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, mengungkapkan kebahagiaan atas capaian UHC ini. “Alhamdulillah, saat ini Bandar Lampung sudah mencapai UHC. Ini artinya hampir seluruh penduduknya telah menjadi peserta program JKN, yang pada akhirnya memudahkan mereka untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan lebih mudah.”

Dengan adanya program JKN-KIS, masyarakat tidak hanya terbatas untuk berobat di Bandar Lampung saja, tetapi juga memiliki opsi untuk berobat di Jakarta jika penyakitnya tidak dapat ditangani di Bandar Lampung.

Seluruh jajaran Pemkot Bandar Lampung berperan penting dalam mendukung dan mensukseskan program JKN, dengan tujuan mencapai UHC di kota tersebut.

Eva Dwiana menegaskan pentingnya menjaga kualitas layanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan di kota, termasuk di Puskesmas, klinik, dan rumah sakit, guna memastikan bahwa manfaat dari UHC dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Dengan tercapainya UHC di Bandar Lampung, diharapkan manfaat kesehatan yang lebih baik akan dirasakan oleh masyarakat.

Kemudahan dalam pelayanan kesehatan dan perbaikan administrasi diharapkan dapat meningkatkan capaian kepesertaan JKN hingga mencapai 100 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *