BERITA

Mengeksplorasi Fisip: Memberdayakan Mahasiswa dan Dosen dengan Workshop Pemanfaatan Literatur di UPT Perpustakaan Unila

138
×

Mengeksplorasi Fisip: Memberdayakan Mahasiswa dan Dosen dengan Workshop Pemanfaatan Literatur di UPT Perpustakaan Unila

Sebarkan artikel ini
Kunjungi Fisip, UPT Perpustakaan Unila Bekali Workshop Pemanfaatan Sumber Literatur ke Mahasiswa dan Dosen
Kunjungi Fisip, UPT Perpustakaan Unila Bekali Workshop Pemanfaatan Sumber Literatur ke Mahasiswa dan Dosen

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – UPT Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) kembali menggelar workshop pemanfaatan sumber literatur digital, terutama e-journal dan e-book, di Auditorium B.3.1 Fisip Unila pada Jumat, 12 Januari 2024.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., Ph.D., Eng., selaku Kepala UPT Perpustakaan Unila.

Materi yang disampaikan berfokus pada pengenalan jenis layanan sumber literatur yang dimiliki oleh Perpustakaan Unila, yang belum sepenuhnya diketahui dan dimanfaatkan oleh para dosen dan mahasiswa Unila.

Khairudin menjelaskan, “Kami mencoba mensosialisasikan ke semua fakultas agar sumber daya yang kami miliki dapat bermanfaat untuk pendidikan, penelitian, pengabdian, dan juga untuk pengajaran.”

Layanan sumber literatur Perpustakaan Unila secara umum terbagi menjadi dua, yaitu layanan tercetak dan layanan digital.

Layanan tercetak mencakup sirkulasi, cadangan, referensi, dan koleksi karya ilmiah (KKI) dengan menggunakan online public access catalog (OPAC).

Di sisi lain, layanan digital melibatkan Digilib Repository, Bojopro (Book, Journal, Prosiding), Digital Library e-Book Kubuku, WestLaw, ScienceDirect, dan e-Book seperti TF, IGIm Global, dan Elgar Online.

Dr. Arif Sugiono, S.Sos., M.Si, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fisip Unila, menyatakan bahwa workshop pemanfaatan sumber literatur digital merupakan bagian dari fokus tim SDM Fisip Unila dalam meningkatkan keterampilan dosen di bidang kompetensi.

“Kegiatan ini sangat penting, terutama karena Perpustakaan Unila telah berlangganan jurnal sains bereputasi seperti ScienceDirect. Harapannya, para dosen Unila dapat memberikan kontribusi pada misi Unila untuk membangun daya saing tingkat internasional, dengan memiliki sumber daya dan publikasi yang mampu bersaing di tingkat internasional,” jelas Arif Sugiono.

Kegiatan ini dianggap sebagai salah satu pencapaian yang membanggakan, karena mewujudkan keinginan lama Unila untuk berlangganan jurnal sebagai dukungan terhadap peningkatan kinerja dosen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *