BERITA

Membangun Kota Ideal: Mahasiswa Teknik Sipil Teknokrat Indonesia Merancang Konsep Integrasi Kota yang Harmonis

37
×

Membangun Kota Ideal: Mahasiswa Teknik Sipil Teknokrat Indonesia Merancang Konsep Integrasi Kota yang Harmonis

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Teknik Sipil Teknokrat Indonesia Ciptakan Konsep Desain Kota Saling Terintegras
Mahasiswa Teknik Sipil Teknokrat Indonesia Ciptakan Konsep Desain Kota Saling Terintegras

Media90 – Pada Kamis (13/6/2024) lalu, Teknokrat Academic Expo 2024 di Bandar Lampung menjadi saksi lahirnya konsep desain kota masa depan yang revolusioner, yang dikembangkan oleh mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Teknokrat Indonesia.

Acara ini tidak hanya menggambarkan impian akan kota yang lebih efisien dan berkelanjutan, tetapi juga menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam merancang infrastruktur yang memanfaatkan teknologi terkini untuk kepentingan bersama.

Integrasi Berbagai Aspek untuk Keberlanjutan

Desain yang dipamerkan mencakup integrasi menyeluruh dari berbagai aspek kota modern. Pertama-tama, infrastruktur berkelanjutan menjadi fokus utama, dengan penggunaan energi terbarukan dan efisiensi energi sebagai prioritas dalam bangunan dan jaringan infrastruktur.

Ini merupakan langkah strategis untuk mengurangi jejak karbon dan meningkatkan kemandirian energi.

Baca Juga:  Sinergi Reforma Agraria Serentak Mendapat Apresiasi dari Bupati Pesawaran

Transportasi Publik yang Ramah Lingkungan

Selain itu, pengembangan transportasi publik yang efisien menjadi poin krusial dalam konsep ini. Integrasi kereta cepat, bus listrik, serta infrastruktur untuk sepeda dan pejalan kaki tidak hanya mengurangi polusi udara tetapi juga meningkatkan mobilitas masyarakat secara keseluruhan.

Teknologi Digital untuk Manajemen Kota yang Lebih Baik

Pemanfaatan teknologi digital juga menjadi salah satu pilar utama. Dengan menggunakan sensor pintar untuk memantau energi, air, dan lalu lintas, konsep ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat dalam manajemen kota.

Perencanaan Tata Ruang yang Berkelanjutan

Selain itu, perencanaan tata ruang yang berkelanjutan juga ditekankan dalam desain ini. Memperhatikan ruang terbuka, area hijau, serta pelestarian lingkungan menjadi landasan penting untuk menciptakan lingkungan perkotaan yang seimbang antara perkembangan dan kelestarian alam.

Baca Juga:  Kemenkominfo RI dan Perguruan Tinggi Wilayah II Jalin Kerjasama untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Kota

Tidak ketinggalan, konsep ini juga memasukkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses perencanaan dan pembangunan kota.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa kebutuhan dan aspirasi masyarakat lokal terpenuhi dalam pengembangan kota yang lebih baik.

Kontribusi Universitas Teknokrat Indonesia dalam Pembangunan Kota Berkelanjutan

Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, menegaskan bahwa Teknokrat Academic Expo 2024 bukan hanya sekadar ajang pameran, tetapi juga langkah nyata dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membangun masa depan yang lebih cerah bagi kota-kota di Indonesia.

Melalui inisiatif ini, mahasiswa Teknik Sipil berkesempatan untuk menggabungkan teori dengan praktik, bekerja sama dengan pemerintah dan sektor swasta dalam proyek-proyek riset yang berarti.

Baca Juga:  Program Studi Teknik Elektro di Universitas Teknokrat Indonesia Memperoleh Pengakuan Akreditasi yang Luar Biasa

Acara ini tidak hanya mendorong integrasi antara akademisi, mahasiswa, dan stakeholders lainnya tetapi juga menginspirasi generasi masa depan untuk terlibat aktif dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Dengan demikian, Teknokrat Academic Expo 2024 tidak hanya menjadi wadah untuk berbagi ide-ide inovatif, tetapi juga sebagai tonggak penting dalam membangun fondasi yang kuat menuju kota-kota yang lebih baik dan berkelanjutan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *