BERITA

Melangkah Dekat untuk Sejahterakan Warga, BPJS Kesehatan Bandar Lampung Hadirkan Inovasi Layanan BPJS Keliling

215
×

Melangkah Dekat untuk Sejahterakan Warga, BPJS Kesehatan Bandar Lampung Hadirkan Inovasi Layanan BPJS Keliling

Sebarkan artikel ini
Permudah Layanan ke Masyarakat, BPJS Kesehatan Bandar Lampung Luncurkan Program BPJS Keliling
Permudah Layanan ke Masyarakat, BPJS Kesehatan Bandar Lampung Luncurkan Program BPJS Keliling

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bandar Lampung terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan meluncurkan dua program inovatif, yaitu BPJS Keliling dan BPJS Virtual.

Langkah ini sejalan dengan komitmen BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan akses layanan kepada peserta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung, Nuim Mubaraq, menjelaskan bahwa kehadiran berbagai inovasi yang mengadopsi teknologi digital bertujuan memberikan kemudahan administratif dan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN.

“Tujuannya tentu agar peserta JKN memiliki kemudahan dalam mengakses layanan, baik administrasi maupun pelayanan kesehatan,” kata Nuim Mubaraq dalam konferensi pers di Kafe Kana Bandar Lampung, Kamis (23/11/2023).

BPJS Kesehatan Bandar Lampung berfokus pada optimalisasi layanan berbasis mobile dengan penguatan branding, memastikan transformasi mutu dan kanal layanan yang lebih dikenal oleh masyarakat.

Kanal layanan melibatkan berbagai platform seperti aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Voice Interactive JKN (VIKA), Chat Assistant JKN, dan kanal Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp.

“Semua peserta JKN, tanpa terkecuali, bisa menggunakan kemudahan tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi yang dirasakan. Fokus utama kami adalah peningkatan mutu layanan, dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi di era digitalisasi saat ini,” ujar Nuim Mubaraq.

Tujuan utama dari inovasi ini adalah memberikan informasi JKN yang akurat kepada masyarakat, memudahkan pengurusan administrasi kepesertaan, serta memberikan layanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara melalui aplikasi maupun kanal layanan tanpa tatap muka pada smartphone.

Dalam konteks pelayanan terdekat dengan masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung menghadirkan Program BPJS Keliling.

Program ini memungkinkan petugas BPJS Kesehatan mendatangi peserta dan calon peserta JKN di setiap wilayah kecamatan atau kelurahan, memberikan layanan administrasi tanpa biaya dan waktu yang berlebihan.

Program BPJS Keliling dilaksanakan secara offline dan online. Secara offline, petugas BPJS Kesehatan berkunjung ke kantor kecamatan, kelurahan, dan tempat keramaian.

Sementara secara online, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan kantor kecamatan dan kelurahan, menyediakan sarana pendukung seperti laptop, jaringan internet, dan informasi kepada masyarakat.

Petugas BPJS Keliling memberikan pelayanan melalui aplikasi zoom untuk berkomunikasi dengan masyarakat.

Layanan ini mencakup pendaftaran peserta baru, penambahan atau pengurangan anggota keluarga, perubahan data peserta, pemberian informasi, penanganan pengaduan, dan registrasi Mobile JKN.

Nuim Mubaraq menegaskan bahwa Layanan BPJS Keliling menjadi solusi efektif, terus diperkuat, dan akan terus dilaksanakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya di wilayah pelosok yang sulit dijangkau oleh peserta.

Program ini bukan hanya di kota, melainkan juga mencakup wilayah pelosok negeri, memastikan bahwa akses pelayanan kesehatan mencapai semua lapisan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *