BERITA

Kolaborasi Unila dan UGM: Pengembangan Bisnis Laboratorium PRPTN Melalui Lokakarya

4
×

Kolaborasi Unila dan UGM: Pengembangan Bisnis Laboratorium PRPTN Melalui Lokakarya

Sebarkan artikel ini
Lewat Lokakarya, Unila Gandeng UGM Kembangkan Bisnis Laboratorium PRPTN
Lewat Lokakarya, Unila Gandeng UGM Kembangkan Bisnis Laboratorium PRPTN

Media90 – Universitas Lampung (Unila) mengadakan lokakarya pengembangan rencana bisnis laboratorium dalam rangka program revitalisasi perguruan tinggi negeri (PRPTN) untuk tahun anggaran 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Ballroom Hotel Emersia pada Kamis, 10 Oktober 2024, dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait dari Unila dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dalam lokakarya tersebut, Unila menghadirkan dua narasumber terkemuka dari UGM, yaitu Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPT), Prof. Dr. Eng. Yusril Yusuf, S.Si., M.Si., M.Eng., Ph.D., dan Koordinator Bidang Ilmu Kimia serta Teknologi Material Fungsional dan Kalibrasi, Dr. Taufik Abdillah Natsir.

Keduanya memberikan pemaparan yang mendalam mengenai pengelolaan laboratorium, termasuk pengembangan rencana bisnis laboratorium dan penyusunan marketplace untuk laboratorium.

Baca Juga:  478 Mahasiswa Universitas Malahayati Ramaikan Kuliah Umum Penanganan Stunting di Tanggamus

Usai sesi materi, kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan dalam penyusunan dan presentasi rencana bisnis oleh para peserta.

Peserta lokakarya terdiri dari kepala laboratorium, kepala divisi, serta teknisi dari berbagai laboratorium di Unila, termasuk Laboratorium Analitik dan Instrumental FMIPA, Laboratorium Kimia Organik FMIPA, Laboratorium Biokimia FMIPA, dan laboratorium di Fakultas Teknik (FT).

Perwakilan dari UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi (LTSIT), UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta Tim Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) juga turut hadir.

Ketua PRPTN, Prof. Dr. Mahrinasari, M.S., S.E., M.Sc., menjelaskan bahwa lokakarya ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan PRPTN yang bertujuan untuk meningkatkan manajemen laboratorium di Unila.

Baca Juga:  Berhasil Meraih Beasiswa, Warga Metro Lanjutkan Pendidikan S2 di Rusia dengan Dukungan Bank Lampung

“Kami berharap semua pengelola laboratorium di Unila mendapatkan wawasan tentang bagaimana menyusun rencana bisnis yang aplikatif, sederhana, namun mampu menghasilkan banyak income generating,” ungkap Mahrinasari.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan TIK Unila, Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A., menekankan pentingnya kolaborasi dengan UGM dalam mengembangkan layanan laboratorium di Unila.

“Manajemen layanan laboratorium akan memiliki role model yang baik dari UGM. Program PRPTN ini adalah kendaraan Unila menuju status perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH),” tambah Ayi.

Ayi juga mengungkapkan bahwa laboratorium di Unila saat ini belum sepenuhnya menghasilkan income generating, sehingga diperlukan perumusan strategi yang tepat. Ini mencakup aspek pemasaran, sumber daya manusia, operasional, serta dukungan teknologi informasi.

Dengan diselenggarakannya lokakarya ini, diharapkan seluruh laboratorium di Unila dapat terinspirasi dan meningkatkan kemampuan manajerial mereka, demi mencapai tujuan bersama dalam pengembangan pendidikan dan penelitian di lingkungan kampus.

Baca Juga:  Simak Jadwal Resmi Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023, Besok Dibuka!

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para dekan, wakil dekan bidang akademik dan kerja sama, wakil dekan bidang umum dan keuangan, Kepala UPT LTSIT, Ketua TPST, serta tim PRPTN di Unila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *