BERITA

Kesiapan Polda Lampung Hadapi Libur Nataru: 44 Pos Pam dan Pantau Tersebar di Jalan Arteri dan Tol Sumatera

62
×

Kesiapan Polda Lampung Hadapi Libur Nataru: 44 Pos Pam dan Pantau Tersebar di Jalan Arteri dan Tol Sumatera

Sebarkan artikel ini
Libur Nataru, Polda Lampung Siapkan 44 Pos Pam dan Pos Pantau di Jalan Arteri dan Tol Sumatera
Libur Nataru, Polda Lampung Siapkan 44 Pos Pam dan Pos Pantau di Jalan Arteri dan Tol Sumatera

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam menghadapi libur Natal 2023 dan tahun baru 2024, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung telah menetapkan langkah-langkah strategis dengan melibatkan puluhan pos pengamanan dan pos pantau di sepanjang jalur arteri Lampung dan Jalan Tol Trans Sumatera. Operasi tersebut dikenal sebagai Operasi Lilin Krakatau 2023.

Kombes Medyanta, Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan 44 pos pengamanan dan satu pos pantau untuk mengamankan pergerakan arus mudik dan balik selama liburan Nataru.

Hal ini diumumkan setelah pelaksanaan apel Operasi Lilin Krakatau 2023 di Mako Brimob Polda Lampung pada Kamis (21/12/2023).

“Kami juga akan melibatkan personil dari ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) untuk membantu di toll gate dalam proses tiket scanning. Ini bertujuan agar pemudik tidak perlu menunggu antrean panjang di toll gate,” ungkap Kombes Medyanta.

Dalam rangka mengatasi kemungkinan penumpukan di pintu Tol Bakauheni Selatan, Polda Lampung telah merencanakan rencana akses alternatif.

Pemudik yang keluar dari Pelabuhan Bakauheni akan diarahkan keluar dari jalur arteri dan kemudian diarahkan masuk melalui pintu Tol Bakauheni Utara.

“Langkah ini diambil untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di pelabuhan, sehingga pergerakan kendaraan menjadi lebih lancar,” tambah Medyanta.

Selain itu, Ditlantas Polda Lampung juga akan menerapkan sistem delay pada arus kendaraan yang turun dari Pelabuhan Bakauheni.

Sistem delay ini diharapkan dapat mengurangi potensi penumpukan dan memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pemudik.

Pada saat arus balik, rencananya akan diterapkan sistem delay di rest area Jalan Tol Trans Sumatera apabila terjadi penumpukan di Pelabuhan Bakauheni.

Tindakan ini menjadi salah satu upaya untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas selama masa liburan Nataru.

Operasi Lilin Krakatau 2023 dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Polda Lampung dalam menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas selama liburan akhir tahun.

Pihak kepolisian mengimbau semua pemudik untuk mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *