BERITA

Kerjasama Universitas Malahayati dan UNS Surakarta dalam Mendukung Tri Darma Perguruan Tinggi dan Program MBKM

71
×

Kerjasama Universitas Malahayati dan UNS Surakarta dalam Mendukung Tri Darma Perguruan Tinggi dan Program MBKM

Sebarkan artikel ini
Universitas Malahayati dan UNS Surakarta Teken MoU Tri Darma Perguruan Tinggi dan Program MBKM
Universitas Malahayati dan UNS Surakarta Teken MoU Tri Darma Perguruan Tinggi dan Program MBKM

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Senin, tanggal 7 Agustus 2023, Universitas Malahayati Bandar Lampung dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam upaya menjalin kerjasama dalam pelaksanaan tri darma perguruan tinggi serta penyelenggaraan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Acara penandatanganan MoU ini berlangsung di Gedung dr. Prakosa di kampus UNS.

MoU yang memiliki rentang waktu lima tahun ini bertujuan untuk menggabungkan serta memaksimalkan potensi dan sumber daya yang dimiliki oleh kedua universitas.

Hal ini dimaksudkan untuk mendorong perkembangan institusi dan peningkatan sumber daya manusia.

Ruang lingkup kerjasama yang tertuang dalam MoU mencakup berbagai bidang, seperti pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, implementasi MBKM, pengembangan sumber daya manusia, serta bidang-bidang lain yang sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

MoU ini akan dijalankan lebih lanjut melalui perjanjian kerjasama (PKS) yang akan disusun antara UNS dan Universitas Malahayati.

Dr. Achmad Farich, dr., MM, Rektor Universitas Malahayati, menyampaikan apresiasi atas peluang kerjasama yang terjalin dengan UNS.

Ia juga menekankan bahwa banyak staf dan tenaga pendidik dari Universitas Malahayati akan diarahkan untuk melakukan studi lanjut guna meningkatkan mutu pendidikan.

“Kami sangat berterimakasih dan tentunya kami tidak hanya berhenti pada tahap MoU. Kami akan meneruskan kerjasama ini dengan langkah-langkah konkret,” ungkap Dr. Achmad Farich.

Universitas Malahayati dikenal sebagai lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang tidak hanya mengembangkan pengetahuan dalam berbagai disiplin ilmu, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai disiplin, etika, dan agama kepada para mahasiswa.

Universitas ini memiliki lima fakultas dengan 20 program studi utama, yang sebagian besar berkaitan dengan bidang ilmu kesehatan.

Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, juga menyatakan rasa terima kasih atas kolaborasi dengan Universitas Malahayati.

Penandatanganan MoU ini diharapkan akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pendidikan di kedua institusi.

“Di masa yang akan datang, kami akan fokus pada kerjasama di bidang ilmu kesehatan dan kedokteran, terutama dalam hal pengembangan sumber daya manusia dari Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati yang akan melanjutkan studi di UNS,” kata Prof. Yunus.

Upacara penandatanganan MoU dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, serta Dr. Achmad Farich, dr., M.M., Rektor Universitas Malahayati.

Acara tersebut turut dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Prof. Dr. Reviono, dr. Sp.P(K), Dekan Fakultas Kedokteran UNS; Dr. Dimas Rahadian A. M., S.T.P., M.Sc., Koordinator Direktorat Kerjasama Internasionalisasi UNS; Giyatno, S.IP., M.Si., Koordinator Direktorat Kerjasama, Pengembangan, dan Internasionalisasi UNS; Wahid Tri Wahyudi, S.Kep., Ners., M.Kes., Kepala Bagian Kerjasama Universitas Malahayati; dan Emil Tanhar, S.Kom., Kepala Humas Universitas Malahayati.